Latest Updates

Persiapan Kemerdekaan dan Tokoh-tokoh Penting dlam peristiwa Proklamasi

Pada tanggal 16 Agustus 1945, tiga tokoh emuda yaitu Sukarni, Yusuf Kunto, dan Singgih membawa Bung Karno dan Bung Hatta ke Rengasdengklok, Jawa barat. Tujuannya adalah mengamankan Bung Karno dan Bung Hatta agar terhindar dari gangguan Pihak Jepang. Di Rengasdengklok, para pemuda mendesak Bung Karno dan Bung Hatta agar segera melaksanakan proklamasi kemerdekaan Indonesia. Namun Bung Karno dan Bung Hatta menolak dengan alasan bahwa Proklamasi harus dipersiapkan dengan matang.
Pada sore hari tanggal 16 Agustus 1945, Mr.Ahmad Subardjo datang untuk menengahi pertentangan pendapat antara para pemuda dengan bung karno dan Bung Hatta tersebut. Setelah para tokoh itu mencapai kata sepakat dalam musyawarah, mereka memutuskan untuk memprpoklamasikan kemerdekaan Indonesia pada tangga 17 Agustus 1945.
Setibanya di Jakarta, malam itu juga Bung Karno dan Bung Hatta mengajak anggota Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) dan para tokoh pemuda untuk membicarakan persiapan proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Pembicaraan itu berlangsung di rumah Laksamana Muda Maeda di Jalan Imam Bonjol No.1 Jakarta.
Keesokan harinya, Proklamasi Kemerdekaan Indonesia akhirnya dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 1945 pada pukul 10.00 di Jalan Pegangsaan Timur No.56, Jakarta. Teks proklamasi dibacakan oleh Ir.Soekarno dan didampingi oleh Moh.Hatta. Bendera Merah Putih , yang telah dijahit oleh Ibu Fatmawati, dikibarkan. Pengibaran bendera Merah Putih dilakukan oleh Suhud dan Latif Hendraningrat.
Sehari setelah proklamasi, yaitu tanggal 18 Agustus 1945, PPKI bersidang untuk membahas kelengkapan negara. Sdang PPKI pertama ini menghasilkan nenerapa keputusan, yakni:
  1. Mengesahkan UUD 1945 hasil rancangan PPKI
  2. Menetapkan IR.Soekarno dan Drs.Moh.Hatta sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia
  3. Untuk melaksanakan tugasnya, sementara Presiden dibantu oleh Komite Nasional.

Sejak tanggal 18 Agustus 1945, lahirlah Negara Kesatuan Republik Indonesia secara sah. Pada tanggal tersebut, Indonesia telah memenuhi syarat berdirinya suatu negara, yaitu mempunyai wilayah, penduduk, dan pemerintahan yang berdaulat.
Dalam mempersiapkan proklamasi kemerdekaan, banyak tokoh yang berperan penting, diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Ir.Soekarno lahir pada tanggal 6 Juni 1901 di Surabaya, Jawa Timur. Beliau memperoleh gellar Insinyur dibidang teknik sipil dari Technische Hoge School (Sekarang ITB).
  2. Drs.Moh.Hatta
  3. Mr.Ahmad Soebardjo
  4. Prof.Dr.Soepomo
  5. Muhammad Yamin
  6. Fatmawati adalah istri presiden Soekarno.
  7. Laksamana Muda Maeda Tadashi.

0 Response to " Persiapan Kemerdekaan dan Tokoh-tokoh Penting dlam peristiwa Proklamasi "

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis