Latest Updates

Cara Menemukan Gagasan Utama Dalam Paragraf

Cara Menemukan Gagasan Utama Dalam ParagrafSebelum anda tahu cara Menemukan Gagasan Utama Dalam Paragraf, terlebih dahulu saya ulas kembali tentang Pengertian Gagasan Utama. Gagasan Utama atau ide pokok merupakan pernyataan yang menjadi inti pembahasan. gagasan utama adalah gagasan yang menjadi dasar pengembangan sebuah paragraf.
Gagasan utama terdapat pada kalimat utama dalam setiap paragraf. Letaknya biasanya terdapat pada awal atau akhir paragraf. Ada juga gagasan utama yang terletak di tengah paragraf bila paragraf tersebut termasuk paragraf deskripsi. Bila paragrafnya bersifat paragraf campuran, gagasan utamanya ada di awal dan di akhir paragraf. 

  • Contoh Gagasan Utama di Awal Paragraf
    Orang yang akan pensiun tidak perlu stres. Pensiun berarti tidak bekerja, tetapi mendapat gaji. Dengan tidak berdinas lagi berarti mereka tidak memiliki baban pikiran terhadap pekerjaan dan banyak waktu luang untuk bersantai. Kalau waktu luang itu bisa dioptimalkan dengan berbagai kegiatan yang positif dan produktif, tentu orang tidak akan terkena stres.

    Gagasan utama paragraf tersebut adalah "tidak perlu stres menghadapi pensiun". Gagasan utama terdapat pada kalimat utama "Orang yang akan pensiun tidak perlu stres" . Hal ini diperkuat dengan adanya kalimat penjelas di kalimat terakhir yang berbunyi;"......tentu orang tidak akan terkena stres"
  • Contoh Gagasan Utama di Akhir Paragraf
    Seorang muslim sudah sewajarnya untuk rajin beribadah dan berdo'a. Setiap hari, lantunan kata indah selalu dipanjatkan kehadirat-Nya. Ia yakin dengan berdo'a semua harapannya akan tercapai dan  kesulitanpun akan dengan mudahnya dapat diselesaikan. Karena bagi seorang muslim do'a adalah senjata paling ampuh.

    Gagasan utama pada paragraf diatas adalah "kedudukan do'a bagi seorang muslim". Gagasan utama terdapat pada kalimat utama "Karena bagi seorang muslim do'a adalah senjata paling ampuh".
  • Contoh Gagasan Utama di Awal dan Akhir Paragraf
    Hari ini keluarga kami benar-benar bahagia.Di hari ini hari dimana anton akan diwisuda. Kakak sulungku itu tampak rapih duduk di barisan pertama. Berjejer rapi bersama para mahasiswa lain dengan pakaian serba hitam lengkap dengan topi persegi yang menurutku sangat aneh.Dari tadi ku perhatikan kedua bibir ayah dan ibuku tidak pernah terkatup untuk berhenti mengucapkan tahmid sambil sesekali mengumbar senyum.Hari ini tampak begitu spesial bagi kami.

    Gagasan utama paragraf tersebut terletak di awal dan akhir paragraf. Yaitu pada kalimat utama "Hari ini keluarga kami benar-benar bahagia" dan "Hari ini tampak begitu spesial bagi kami."

    Lalu bagaimana cara kita menentukan gagasan utama sebuah paragraf ?
    Anda dapat menyimpulkan gagasan utama sebuah paragraf dengan terlebih dahulu menentukan kalimat utama. Kalimat utama biasanya bersifat lebih umum dan memiliki kalimat penjelas.
    Contoh:
    Orang yang akan pensiun tidak perlu stres. Pendiun berarti tidak bekerja, tetapi mendapat gaji. Dengan tidak berdinas lagi berarti mereka tidak memilii baban pikiran terhadap pekerjaan dan banyak waktu luang untuk bersantai. Kalau waktu luang itu bisa dioptimalkan dengan berbagai kegiatan yang positif dan produktif, tentu orang tidak akan terkena stres.

Kalimat Utama: Orang yang akan pensiun tidak perlu stres.
Gagasan Utama : Orang yang akan pensiun tidak perlu stres
Demikian Cara menemukan Gagasan Utama dalam Paragraf, semoga bermanfaat.


9 Responses to " Cara Menemukan Gagasan Utama Dalam Paragraf "

  1. gagasan utama bisa jadi masuk ke dalam teknik SEO ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya, sebagai kata kunci, sehingga tidak ada kalimat/kata yang sama.

      Delete
  2. Kalau aku biasanya yang campur aduk, diawal dan diakhir. Sebenarnya kalimat gagasan pertama hanya sebagai basa-basi.
    Gagasan utama kalau orang blogger menyebutnya sebagai kata kunci.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya betul sekali, kata kuncinya adalah gagasan utamanya

      Delete
  3. Siip, bisa tambah belajar menyusun suatu gagasan dalam tulisan

    ReplyDelete
  4. Gagasan utama kalau di blog mungkin semacam deskripsi dalam artikel mungkin yah mang... :D

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis