Latest Updates

Cara Mengimbangi Makanan Yang Bersantan

Anda suka makanan bersantan, sebaiknya perhatikan hal dibawah ini jika anda ingin tetap mengkonsumsi makanan pedas dan bersantan, memang benar makanan bersantan itu memang gurih rasanya. Tidak heran jika makanan bersantan itu banyak digemari oleh banyak orang Indonesia.

Santan bisa menjadi sumber lemak bagi tubuh. Ketika dijadikan bahan mengolah makanan, masakan pedas bersantan pun jadi favorit beberapa orang. Namun, dalam mengonsumsinya ada beberapa hal yang baiknya diperhatikan.

Seperti penuturan Prof Ir Ahmad Sulaeman PhD dari Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor (IPB), ketika mengonsumsi makanan pedas bersantan, perhatikan jumlah konsumsi buah dan sayur.
"Konsumsi buah dan sayurnya ditingkatkan. Misalnya ikan dabu-dabu dikombinasi dengan sayur daun pepaya sama pakis ditumis, itu seratnya tinggi daun pepaya dan pakis," kata Prof Ahmad di sela-sela 'Jelajah Gizi Bersama Sari Husada' di Minahasa, Sulawesi Utara baru-baru ini.

Selain tinggi serat, fitokimia yang bisa menjadi antioksidan yang cukup tinggi pada daun pepaya dan pakis juga bisa membantu penyerapan kolesterol. Ditambahkan Prof Ahmad, daun pepaya bisa menurunkan tekanan darah karena mengandung alkaloid. Kemudian, kandungan kaliumnya pun tinggi. Antioksidan dalam daun pepaya juga tinggi.

Untuk buah dan sayur yang dikonsumsi sebagai penyeimbang makanan bersantan, menurut Prof Ahmad jenisnya tak harus khusus, konsumsi saja buah dan sayur yang tersedia saat itu.

"Ingat aturan konsumsi sayur dan buah minimal 5 porsi sehari, kalau dirasa makan makanan yang bersantan lebih banyak, tambahi lagi porsinya, nggak apa-apa," kata Prof Ahmad.

Selain itu, bisa juga diterapkan aturan makan 'piring makanku'. Dalam satu piring, konsumsi karbohidrat seperempat porsi, protein seperempat porsi, dan sayur serta buah setengah porsi.
Sumber : Detik.com

5 Responses to " Cara Mengimbangi Makanan Yang Bersantan "

  1. Sepertinya aku juga harus sering main kesini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahhhhaaaa makasih sudah berkunjung gan

      Delete
  2. Iya bener, kalo abis makan makanan yang berlemak (gak santan aja) gw juga makan banyak sayur atau buah. Buat menetralisir lemak-lemak jahatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekli jdi jangan lupa selalu sedia buah dan sayur di kulkas anda

      Delete
  3. kebanyakan santan juga tak baik ya mas padahal kakak saya suka banget

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis