Latest Updates

Menu Sahur Agar Tidak begah Di Perut

Menu Sahur Agar Tidak begah Di Perut - Kadang kalau kita makan sahur terasa malas dan rasanya juga tidak enak, jika hal ini anda rasakan ya wajar saja, soalnya ditengah malam anda sedang nyenyak tidur anda harus bangun untuk makan sahur.  Kadang juga membuat perut kita menjadi begah. 
Tapi jangan khawatir, jika anda ingin nikmat dalam makan sahur, ikuti menu dibawah ini dan rasakan bedanya. Selamat mencoba yah!
Agar perut nggak begah atau mual saat sahur, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan. Mulai dari pemilihan menu makanan hingga jenis minuman yang dikonsumsi. Selengkapnya, yuk kita bahas menu sahur seperti apa sih yang aman dan nggak bikin perut begah atau mual.

Perbanyak Air Putih dan Buah Segar Kaya Serat
Makan sahur itu bukan cuma asal kenyang saja. Apalagi kalau kamu tak terbiasa makan pagi, jadi memang langsung makan nasi dan asal kenyang saat sahur malah bisa bikin begah dan mual. Untuk menyiasatinya, kamu bisa coba siapkan menu sahur dengan perbanyak air putih dan konsumsi buah segar kaya serat seperti buah apel. Bisa juga ditambah dengan konsumsi kurma secukupnya. 

Jangan Konsumsi Minuman Berkafein atau Bersoda
Minum kopi, teh, atau minuman berkafein lainnya malah bisa membuatmu dehidrasi. Selain itu bisa membuat pencernaan tak nyaman. Hindari juga minuman bersoda karena kandungan gasnya yang tinggi tak baik untuk perut. Selain kopi, hindari juga minum sari buah sitrus, susu full krim, bahkan teh saat sahur karena minuman tersebut bisa merangsang produksi asam lambung.

Batasi Konsumsi Makanan Pedas atau Berlemak
Makanan yang terlalu pedas bisa memicu asam lambung tinggi sehingga perut bisa terasa perih. Sementara itu, makanan berlemak juga kurang baik dikonsumsi saat sahur karena bisa membuat perut terasa begah. Menu sahur yang kaya serat jauh lebih baik dari yang pedas dan berlemak.

Kurangi Aneka Gorengan dan Makanan Berminyak
Terlalu banyak makan gorengan, perut bisa begah karena kandungan lemaknya bisa bertahan di perut dalam waktu lama. Kurangi juga konsumsi makanan berminyak agar asam lambung tak naik. Sedikit makan kerupuk atau tempe goreng tak masalah kok asal diimbangi juga dengan konsumsi buah serta sayur sehat yang cukup.

Yang pastinya juga jangan makan sampai perut kekenyangan saat sahur. Ingat aturannya ya, 1/3 isi perut untuk makanan, 1/3 untuk minuman, dan 1/3 sisanya untuk udara. Dengan begitu, puasa pun jadi lebih lancar dengan menikmati menu sahur sehat tanpa kenyang berlebih.
Semoga ibadah puasa anda lancar. Amin

8 Responses to " Menu Sahur Agar Tidak begah Di Perut "

  1. kalau saya dimulai dengan buah dulu supaya segar dan minum air putih, tidak kopi atau teh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang sebaiknya tidak ngopi, lebih baik air putih biar tetap segar esok harinya

      Delete
  2. Saya mah selalu banyak minum air putih. Biar gak lemes.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis