Latest Updates

Inilah Komoditas Ekspor Indonesia Yang perlu diketahui

Secara umum komoditas Ekspor Indonesoa dapat dibedakan atas bahan baku, bahan modal, barang-barang konsumsi, dan minyak bumi.

  1. Bahan Baku
    Bahan baku adalah bahan yang digunakan untuk membuat barang jadi. Contohnya bahan kimia, bahan obat-obatan, bahan kertas, benang tenun, besi baja, alumunium, nikel, emas, bauksit, dan bahan bangunan.
  2. Bahan Modal
    Bahan modal adalah bahan-bahan yang dapat digunakan untuk proses industri. Contohnya mesin-mesingenerator listrik, peralatan telekomunikasi, peralatan listrik, dan aat transportasi.
  3. Bahan Konsumsi
    Barang konsumsi adalah barang-barag yang langsung dapat digunakan oleh konsumen tanpa ada porses  lebih lanjut. Contohnya bahan konsumsi yang diimpor antara lain makanan dan minuman untuk kebutuhan rumah tangga, susu, buah-buahan, sabun, kosmetik dan tekstil.
  4. Minyak Bumi
    Merosotnya produski minyak di dalam negeri telah menurunkan ekspor minyak Indonesia. Di sisi lain, kenutuhan minyak di dalam negeri makin meningkat  karena meningkatnya jumlah kendaraan bermotor. Oleh karena itu, Indonesia juga mengimpor minyak. Minyak tersebut diolah menjadi produk bahan bakar minyak (BBM) yang digunakan untuk transportasi, pembangkit listrik, kegiatan industri, dan minyak tanah.
Selain itu Indonesia mengimpor jasa dari luar negeri, misalnya jasa tenaga konsultan, tenaga ahli, jasa penerbangan, jasa pendidikan, dan jasa modal. Beberapa badan penelittian di Indonesia, seperti LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional), dan BATAN (Badan Tenaga Atom Nasional) mendatangkan tenaga ahli dari luar negeri. Jasa penerbangan Indonesia membuka jalur penerbangan Internasional maka banyak penerbangan maskapai penerbangan negara lain yang masuk ke Indonesia. Adapun di dalam jasa pendidikan, Indonesia mendatangkan tenaga pengajar dari luar negeri. Indonesia juga menerima bantuan modal dari negara lain yang disebut asa modal.

4 Responses to " Inilah Komoditas Ekspor Indonesia Yang perlu diketahui "

  1. Makasih..mas jadi lebih tau nih tentang komodidas eksporbindonesa...semiga makain maju ya mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya sama-sama mas dwi susanto sudah berkunjung kemri

      Delete
  2. Di tunggu artikel terbarunya gan...ini ngga ada kolom followernya ya gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak ada mas, apa pengaruh terhadap pengunjung blog mas !

      Delete

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis