Latest Updates

PENGERTIAN MUSIKALISASI PUISI

PENGERTIAN MUSIKALISASI PUISI Suatu puisi dapat diekspresikan dalam bentuk lagu yang dapat disertai iringan musik. Penyatuan puisi dapat  lagu atau iringan musik. Penyatuan puisi dengan lagu atau musik itu merupakan sebuah kegiatan yang disebut musikalisasi puisi. Tekniknya dpat dimulai dari menciptakan lagu terlebih dahulu, baru liriknya atau sebaliknya, menciptakan liriknya lebih dahulu, baru lagunya.
Perlu diketahui juga bahwa musikalisasi puisi tidak harus menggunakan alat musik. pada satu sisi, memusikkan puisi berarti melagukan puisi, pada sisi lain berarti menyatukan pembacaan puisi dengan instrumn musik.
Salah satu komponen yag harus diperhatikan dalam musikalisasi puisi adalah, penghayatan atau pemahaman terhadap isi puisi yang akan dimusikalisasikan. Tingkat penghayatan terhadap isi puisi itu oleh
orang yang membawakannya akan terlihat pada ekspresi, pemenggalan, dan lagu.
Komponen kedua yang harus diperhatikan adalah vokal. Dalam musikalisasi puisi, setidaknya ada empat hal yang menjadi perhatian utama dalam masalah vokal, yaitu 1).kejelasan ucapan, 2).jeda, 3).ketahanan, dan 4).Kelancaran.
Komponen ketiga yang harus diperhatikan dalam musikalisasi puisi adalah penampilan. Pembaca puisi hendaknya tampil dengan gerakan-gerakan yang wajar, tidak dibuat-buat, sesuai dengan penghayatan atas isi puisi yang dibawakannya.
Contoh puisi musikalisasi puisi adalah "Kupu-kupu kertas" yang dinyanyikan oleh Ebiet G.Ade 1995.

0 Response to " PENGERTIAN MUSIKALISASI PUISI "

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis