Latest Updates

Informasi Beasiswa Untuk Guru Program Teacher Training 2019

Beasiswa untuk Guru Program Teacher Training Tahun 2019 (Informasi Pendaftarannya dibuka tanggal 13 Desember 2018 hingga 15 Januari 2019).
Program Teacher Training merupakan salah satu program beasiswa dari Kementrian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Monbukagakusho/MEXT) dirancang khusus untuk para guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan sesuai dengan bidang ilmunya.
Calon Penerima Beasiswa nantinya akan diberikan pelatihan dalam cara mengajar, pembuatan rencana belajar mengajar yang lebih efektif dan menarik minat siswa, serta hal-hal lain yang dapat meningkatkan kualitas dan kemampuan para guru ini. Program ini merupakan program non-gelar dan waktu studinya lamanya adalah 1 tahun 6 bulan (termasuk 6 bulan pertama belajar bahasa Jepang) dari September atau Oktober 2019 hingga Maret 2021.
Jadwal Seleksi Beasiswa Guru Program Training Jepang
  1. Pendaftaran                         : 13 Des-15 Januari 2019
  2. Pengumuman hasil seleksi     : 31 Januari 2019
  3. Ujian Tertulis                       : 7 Februari 2019
  4. Pengumuman hasil Ujian Tulis : 18 Februari 2019
  5. Ujian Wawancara                  : 25-26 Februari 2019
  6. Pengumuman hasil Ujian Wawancara : 1 Maret 2019
  7. Pengumuman Final dari MEXT   : Juli 2019
  8. Berangkat ke Jepang               : September 2019
Catatan : Jadwal Ujian sewaktu-waktu dapat berubah.
Persyaratan  Beasiswa Guru Program Teacher Training 2019 adalah :
  • Lulusan minimal D4 atau S1
  • Guru PNS, Honorer, Swasta yang sedang aktif mengajar pada lembaga pendidikan Formal, yakni SD, SMP, SMA dan sederajat (SMK atau Madrasag dll), serta SLB.
  • Pelamar atau guru telah mengajar minimal 5 tahun di lembaga pendidikan formal pada 1 Oktober 2019.
  • Semua bidang pendidikan ditawarkan, kecuali PKn, Bahasa Indonesia, Bahasa Daerah, Bahasa Arab, Pendidikan Agama dan Perhotelan.
  • Sehat jasmani dan rohani (bagi wanita tidak diperbolehkan dalam keadaan hamil pada saat melamar maupun pada saat keberangkatan).
  • Belrsedia belajar bahasa Jepang.
  • Pelamar harus segera ke,bali ke Indonesia dan melanjutkan karirnya sebagai guru setelah program beasiswa selesai.
  • Apabila pelamar setelah pulang dari Jepang tidakmengaplikasikan pengelamannya sebagai guru, maka pelamar wajib mengembalikan seluruh tunjangan beasiswa yang telah diterimanya.
DOKUMEN YANG DIPERLUKAN PADA SAAT MENDAFTAR:
  1. Lembar print-out e-mail konfirmasi registrasi online 4 lembar. Lembar yang berisi nomor ujian pelamar.
  2. Aplication Form 2019 (rangkap 4)
    Formulir harus diisi dalam bahasa Inggris atau Bahasa Jepang. Bisa anda download disini.
    1. Research Plan (Rancangan Penelitian) (Rangkap 4)
      Pada kolom "Research Plan" yang terdapat pada Aplication Form (Lihat Hal.5-6 Aplication Form), rancangan penelitian dibuat minimal 150 kata dalam bahasa Inggris atau minimal 300 karakter dalam bahasa Jepang. Apabila tidak cukup dapat ditambahkan pada lampiran.
    2. Pasfoto berwarna 4 lembar, Formal. Latar Polos, warna latar bebas. Diambil 6 bulan terakhir, ukuran 3.5 X 4.5 cm atau 3X4. Pasfoto ditempel pada kotak untuk menempel foto yang tersedia pada formulir Pendaftaran (Aplication Form 2019)
    3. Placement Preference Application Form 2019 (4 lembar)
      Formulir didisi dalam bahasa Inggris atau Bahasa Jepang . Atau bisa anda download disini.
      Pilih maksimal 5 universitas yang terdapat dalam "Course Guide of Teacher Training Program". Untuk tautan Course Guide, silahkan akses pada laman berikut ini:
      http://www.mext.go.jp/component/a_menu/education/detail/__icsFiles/afieldfile/2018/12/10/1411364_10_1.pdf Agar dipelajari dengan baik jurusan yang ditawarkan di tiap-tiap Universitas agar sesuai dengan pilihan anda.
    4. Fotokopi transkip nilai 4 rangkap.
      Transkip nilai harus dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang dan dilegalisasi atau di cap basah asli oleh perguruan tinggi pelamar.
      Untuk transkip nilai hasil terjemahan, harap dilegalisasi atau dicap basah asli juga oleh perguruan tinggi pelamar pada hasil terjemahannya. Harap untuk tidak melampirkan transkip dalam bahasa Indonesia.
    5. Fotokopi ijazah pendidikan terakhir 4 lembar. Ijazah harus dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang dan dilegalisasi atau dicap basah asli oleh perguruan tinggi pelamar.
      Untuk transkip nilai hasil terjemahan, harap dilegalisasi atau dicap basah asli juga oleh perguruan tinggi pelamar pada hasil terjemahannya. Harap tidak melampirkan transkip nilai dalam bahasa Indonesia.
    6. Surat keterangan dari tempat mengajar 4 rangkap.
      Surat tersebut menjelaskan bahwa pelamar adalah staf pengajar yang masih aktif mengajar dan disetujui mengikuti program beasiswa ini. Surat disertai keterangan masa mengajar (dari tanggal berapa hingga tanggal berapa), dan dilegalisasi atau dicap basah asli (tidak boleh hasil scan) oleh sekolah. Surat harus dibuat dalam bahasa Inggris atau Jepang.
      Jika masa mengajar pelamar lebih dari 5 tahun, tidak hanay disatu sekolah/terdiri dari beberapa sekolah, lampirkan juga surat keterangan masa mengajar di sekolah sebelumnya. Dan jangan lupa surat dilegalisasi atau di cap basah oleh kepala sekolah.
    7. Surat rekomendasi dari Kepala Sekolah tempat mengajar sekarang 4 lembar.
      Surat rekomendasi berisi mengenai pribadi pelamar dan ditulis dalam bahasa Inggris. Format bebas atau gunakan form yang telah tersedia. Tanda tangan surat rekomendasi harus asli dan tidak boleh di scan.
    8. Foto kopi sertifikat kemampuan bahasa asing 4 lembar. Bila ada/jika sudah memeiliki saja (opsional/tidak wajib).
CATATAN : 
Dokumen dibuat dalam kertas ukuran A4. Apabila tidak bisa, silahkan lipat menjadi seukuran A4. 
Dokumen jangan di staples, jangan dijilid,jangan dilubangi, cukup di-klip saja agar tidak tercecer.
Dokumen dibuat sebanyak 4 bendel (1 bendel asli dan 3 bendel foto kopian) yang disusun sesuai urutan (poin 1 s.d 8).
Informasi lebih jelas dan lanjut mengenai Program Beasiswa Guru Program Teacher Training 2019 dapat anda lihat di www.ainamulyana.blogspot.com

0 Response to " Informasi Beasiswa Untuk Guru Program Teacher Training 2019 "

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis