Latest Updates

Hal yang perlu di persiapakan dalam Menyiapkan Pameran

Hal yang perlu di persiapakan dalam Menyiapkan Pameran
Setiap anggota panitia harus mengetahui tugas-tugas yang menjadi tanggungjawabnya agar panitia yang dibentuk dapat berfungsi dengan baik. Berikut ini tanggungjawab atau tugas-tugas anggota panitia.
  1. Penanggungjawab/Pembina
    Orang yang menjadi penanggungjawab dan pemnbina pameran kelas biasanya guru kelas. Kelancaran pelaksanaan pameran merupakan tanggungjawabnya.
    Oleh karena itu, panitia pelaksana perlu memperhatikan petunjuk-petunjuknya, baik ketika menemui kesulitan atau tidak. Para pembina biasanya melakukan tugas-tugas yang tidak dapat dilaksanakan siswa sambil memberikan pengarahan.
  2. Ketua Panitia
    Ketua panitia bertugas mengatur dan mengarahkan anggotanya agar bekerja sesuai dengan tugasnya. Tugas ini memerlukan kesabaran, kebijaksanaan, dan kerjasama yang baik.
  3. Sekertaris
    Sekertaris bertugas mencatat hal-hal penting yang berkaitan dengan penyelenggaraan pameran. Mulai dari susunan panitia, susunan acara, atau daftar barang-barang yang dipamerkan. Sekertaris juga berkewajiban menyiapkan pengumuman atau petunjuk-petunjuk tertulis lainnya.
  4. Bendahara
    Bendahara bertugas menghimpun dana, mengelola uang yang masuk untuk keperluan pameran, serta mencatat uang hasil penjualan dan menyimpannya apabila ada  barang yang terjual. Pengeluaran dan pemasukan harus dicatat dengan tertib dan sejujur-jujurnya.
  5. Seksi hasil karya
    Seksi hasil karya bertugas menghimpun, mendaftar, dan bertanggungjawab pada barang-barang yang dipamerkan. Baik pada saat persiapan maupun setelah selesai pameran. Hasil karya yang dipamerkan berupa hasil karya siswa atau kelompok, karya seni rupa atau tiga dimensi, bahkan dapat juga dipamerkan karya seniman.
    Karya-karya seni rupa tersebut perlu dikelompokan sesuai dengan jenis-jenisnya agar mudah dipajangnkan. Selain itu, karya seni rupa perlu diberi label berupa keterangan-keterangan seperlunya, termasuk label harga kalau hasil karya tersebut dijual.
    Semua barang yang dipamerkan hendaknya dicatat secara tertib dengan beberapa keterangan yang diperlukan.
  6. Seksi tempat pameran
    Seki tempat pameran bertugas memilih tempat strategis yang akan digunakan untuk pameran, mengurus perizinan, dan mengatur tempat pameran sesuai dengan jumlah dan jenis barang yang akan dipamerkan.
  7. Seksi Penjaga Pameran
    Tugas seksi penjaga pameran, antara lain mengatur dan menjaga barang-barang yang dipamerkan, mengatur arus pengunjung, membeli label atau daftar harga barang, melayani pembeli barang, dan menjawab pertanyaan-pertanyaan pengunjung.
  8. Seksi perlengkapan
    Seksi perlengkapan bertugas menyiapkan  barang atau alat-alat yang dibutuhkan untuk pameran, termasuk menyiapkan dan mengatur penerangan kalau pameran juga dilaksanakan malam hari.
    Setiap anggota mempunyai tugas sendiri-sendiri sehingga semua pekerjaan ada yang bertanggungjawab menanganinya. Pembagian tugas diadakan supaya tidak terjadi tumpang tindih dalam melaksanakan pekerjaan dan untuk menghindari pekerjaan yang tidak tertangani.
Itulah 8 hal yang perlu dipersiapkan dalam pameran di sekolah, semoga berguna.

2 Responses to " Hal yang perlu di persiapakan dalam Menyiapkan Pameran "

  1. kadang, yang menjadi semua itu hanya 1 atau 2 orang

    *pengalaman pribadi*

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis