Latest Updates

Manfaat sosial media untuk bisnis online

Memiliki usaha yang telah berkembang pesat memang sebuah kebahagiaan tersendiri, apalagi usaha yang kita jalani tersebut terus berkembang, tentu ini menjadi kepuasan tersendiri. Memiliki usaha yang berkembang pesat saat ini, bukan tidak mungkin  tidak lepas dari peran media sosial. Diantara media sosial yang berpengaruh adalah Facebook, Twitter, Insta Gram dll. Contoh soal Facebook, jika anda memiliki banyak teman tentu hal ini sangat berpengaruh terhadap kunjungan toko online anda. Berikut ini beberapa manfaat sosial media untuk bisnis online
  1. Mendengar keinginan pelanggan
    Feedback positif maupun negatif dari pelanggan adalah salah satu hal penting yang bisa meningkatkan kualitas usaha yang kamu rintis menjadi lebih baik. Melalui sosial media, kamu bisa menerima feedback dari pelanggan lebih cepat. Biasanya mereka akan mengirimkan komentar di sebuah postingan ataupun mengirimkan direct message secara langsung. Dengan social media, kamu juga bisa tau apa saja yang pelanggan inginkan dan butuhkan. Social media juga bisa menjadi salah satu alat atau tool untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk atau jasa yang kamu miliki.
  2. Mengenal pelanggan lebih dekat
    Kunci sukses dalam sebuah usaha adalah dengan mengenal pelanggan lebih dekat. Kalau kamu punya sosial media khusus usaha, proses pengenalan pelanggan bisa jadi lebih mudah. Cobalah gunakan tools pendukung seperti Facebook Insight untuk mempelajari bahasa dominan yang diucapkan antara pengguna social media (usia atau jenis kelamin). Informasi ini bisa membantu dalam proses branding dan promosi kepada target yang tepat. Dalam menggunakan sosial media, kamu juga harus bisa melihat tren usia pengguna masing-masing sebagai acuan dalam memilih channel promosi sampai pembuatan konten yang bisa menarik target.
  3. Melihat persaingan pasar
    Melalui social media, kamu bisa mendapatkan berbagai informasi dari kompetitor atau pesaing. Dari informasi yang didapat, kamu bisa menganalisa informasi tersebut untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan kompetitor untuk meningkatkan strategi pemasaran. Cobalah perhatikan followers kompetitor dan lihat bagaimana cara mereka memasarkan produknya. Dengan bekal informasi tersebut, kamu bisa lebih mudah membuat strategi dan rencana pemasaran, hingga mengembangkan konten yang sesuai dengan target. Kamu juga bisa mulai membuat promo digital dengan membagikan referal code atau membuat kegiatan digital seperti kontes foto atau kuis untuk menarik dan meningkatkan daya saing pasar.
  4. Bisa Merespon dengan cepat
    Setelah pelanggan memberikan respon melalui social media, sebagai pengusaha yang baik, kamu wajib menanggapi dan membalas semua feedback dengan baik dan cepat. Jika zaman dulu pelanggan mengeluh melalui telepon, kini mereka bisa menyampaikan melalui social media. Namun, kebanyakan pengusaha hanya memfokuskan menjawab keluhan melalui telepon dan mengabaikan keluhan melalui sosial media. Padahal, keluhan pada social media dapat dibaca dengan cepat oleh pelanggan lain yang mengikuti social media usahamu. Jadi jangan pernah abaikan satu pun komentar pada social media dan cobalah buat SOP dalam penanganan keluhan dan pertanyaan melalui social media.
  5. Dapat Meningkatkan pengunjung website
    Semakin banyak pengunjung website, semakin besar juga peluang produkmu dibeli. Dalam hal ini, social media bisa membantu meningkatkan pengunjung website dan berdampak positif terhadap website rangking pada halaman google. Jika kamu punya konten menarik dalam website, kami juga bisa mendapatkan banyak traffic ke website yang berdampak positif terhadap SEO. Jadi, untuk meningkatkan pengunjung dan traffic ke website, jangan lupa untuk memberikan link di setiap postingan social media yang kamu miliki. Tapi, perlu diperhatikan juga apa konten yang akan kamu post, jangan sampai nggak sesuai sama link yang dituju.
Itulah lima manfaat sosial media untuk bisnis online, semoga penjelasan diatas bisa bermanfaat bagi anda. 

2 Responses to " Manfaat sosial media untuk bisnis online "

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis