Latest Updates

Kata Pengamat ini Nilai Kurtilas sudah ketinggalan zaman!

Diklat Kurikulum Tahun 2013 masih teringat dibenak kita, hal ini karena Kurikulum 2013 tergolong Kurikulum yang baru di dunia Pendidikan. paling tidak sudah hampir mau delapan tahun kita menjalankannya. Dan walaupun masih ada beberapa revisi terutama pada buku-bukunya
.
Pengamat Pendidikan Indra Charismiadji mengatakan pemerintah harus mengubah kurikulum 2013 (K-13). Kurikulum ini dinilai sudah ketinggalan zaman dan tidak bisa meningkatkan mutu pendidikan di tanah air.

"Tahu enggak sih, kurikulum 2013 itu masanya sudah lewat. Kalau dicermati, isi K-13 sama dengan kurikulum dunia internasional pada 2001,” kata Indra saat peluncuran Indonesia STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) Week 2019 di Kantor Kemendikbud, Jumat (14/12).

Indra menyebutkan, K-13 isinya hanya mengajarkan siswa tentang HOTS (higher order thinking skills). Namun tidak mengajari siswa bagaimana cara meraih penalaran tingkat tinggi.

Saat siswa di Indonesia tengah berkutat dengan HOTS, dunia internasional sudah melaksanakan STEAM. STEAM diajarkan sejak 2019, di mana seluruh bidang ilmu terintegrasi.
“Kalau dihitung-hitung, pendidikan di Indonesia sudah tertinggal 17 tahun dengan luar negeri. 2001, dunia internasional sudah mengenal HOTS dan 2009 menerapkan STEAM, di Indonesia baru heboh di 2018,” ucapnya.

Untuk mengejar ketertinggalan ini, Indra mengatakan, pemerintah harus memiliki kurikulum STEAM. Dengan kurikulum.STEAM, apa yang diajarkan kepada siswa akan dipakai ketika lulus nanti. Sebab, siswa menguasai beberapa mapel kemudian menjadikannya suatu produk yang bernilai jual.

“Mau enggak mau harus ada kurikulum STEAM. Makanya lewat Indonesia STEAM Week 2019 disosialisasikan pembelajaran Informatika berbasis STEAM kepada para edukator di seluruh Indonesia. Sekaligus diberikan pelatihan kepada para educator mengenai konsep pembelajaran STEAM," paparnya.

Indonesia STEAM Week 2019 merupakan kolaborasi PT Bianglala Charisma Candrabirawa dengan Ikatan Guru Indonesia (IGI), Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PERGUNU), The Association of National & Private Majelis Nasional Pendidikan Katolik (MNPK), dan beberapa organisasi pendidikan lainnya.
Sumber : jpnn.com

0 Response to " Kata Pengamat ini Nilai Kurtilas sudah ketinggalan zaman! "

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis