Latest Updates

Rasa Gatal! Jangan Hanya Digaruk!

Rasa Gatal! Jangan Hanya Digaruk! Kehidupan yang tidak bersih sangat berpengaruh terhadap penyakit gatal. Setiap orang pasti pernah mengalami rasa gatal pada kulitnya. Namun, tidak sedikit dari mereka belum mengetahui secara pasti penyebab gatal tersebut. Bahkan banyak yang meremehkan. Padahal mengetahui penyebab gatal akan mempermudah mengatasi dan mencegah agar gatal itu tidak datang lagi.

Dokter Halidina Marchamah menjelaskan, mengenali penyebab gatal sangatlah penting. Selain gigitan serangga ada banyak hal lain yang menyebabkan gatal.

Misalkan, penyakit tertentu seperti eksim, kudis, psoriasis, kulit kering, gangguan saraf, reaksi alergi, masa-masa kehamilan karena perubahan hormon, dan gigitan serangga.

“Menggaruk bukan solusi untuk gatal yang timbul. Justru sebaliknya, hal tersebut membuat bagian yang gatal akan menjadi semakin terasa gatal. Dengan menggaruk kulit tubuh yang gatal bisa membuatnya luka bahkan infeksi,” ujarnya dilansir Kaltim Post (Grup JPNN.com).

Hal itu, terjadi karena ketika menggaruk, otak akan memproduksi hormon serotonin yang membuat seseorang merasa semakin gatal. Menggaruk memang dapat meredakan rasa gatal seketika diikuti dengan timbulnya rasa sakit ringan. Namun, saat tubuh merespons sinyal rasa sakit tersebut, rasa gatal akan semakin parah.

“Penanganan gatal yang tepat bergantung dari faktor penyebabnya. Jika gatal berlebih ada baiknya segera diperiksa lebih lanjut,” harap dokter yang berdinas di Puskesmas Batu Ampar, Balikpapan, Kaltim ini.

Dokter umum yang akrab disapa Dina ini juga membagi tips bagi warga Balikpapan untuk menangani gatal. Tipsnya, kompres bagian yang gatal dengan air dingin, lebih baik mengusap daripada menggaruk. Kurangi makan pedas, caffeine, dan alkohol.

“Juga jangan lupa potong kuku dan jaga kebersihan kuku. Oleskan dengan lotion agar kulit tetap lembab. Serta hindari pakaian dengan bahan yang dapat menimbulkan rasa gatal, lebih rileks, dan kelola stres dengan baik,” pungkasnya. 
Sumber: jpnn.com

6 Responses to " Rasa Gatal! Jangan Hanya Digaruk! "

  1. Meskipun menggaruk itu hal yang cukup efektif tuk meredakan rasa gatal sesaat, namun lebih baik dengan cara kompres ya Kang

    ReplyDelete
  2. bahaya juga bila gatal itu hanya digaruk bisa2 jadi infeksi ya mas.

    lebih baik segera dibawa ke dokter untuk diperiksa

    ReplyDelete
  3. Kalo nggaruknya terlalu keras malah bisa lecet. Memberi lotion sepertinya alternatif yang cukup bagus.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis