Latest Updates

Macam-macam Variabel Dalam Penelitian

Menurut hubungan anatara satu variabel dengan variabel yang lain maka macam-macam variabel dalam penelitian dapat dibedakan menjadi:

  1. Variabel Independen: Variabel ini sering disebut sebagai variabel stimulus, prediktor, antecedent. Dalam bahasa Indonesia sering disebut sebagai vaariabel bebas. Variabel bebas adalah merupakan variabel yang mempengaruhi atau yang menjadi sebab perubahannya atau timbulnya variabel dependen (erikat). Dalam SEM (Structural Equation Modeling))Pemodelan Persamaan Struktural, Variabel independen disebut sebagai variabel eksogen.
  2. Variabel Dependen: Sering disebut sebagai variabel output, kriteria, konsekuen dalam Bahasa Indonesia sering disebut sebagai variabel terikat. Variabel terikat merupakan variabel yang dipengaruhi atau yang menjadi akibat, karena adanya variabel bebas. Dalam SEM (Structural Equation Modeling))Pemodelan Persamaan Struktural, Variabel independen disebut sebagai variabel indogen.
    Contoh Hubungan variabel : Motivasi Belajar merupakan Variabel Independen-Prestasi Belajar merupakan Variabel Dependen.
  3. Variabel Moderator: adalah variabel yang mempengaruhi  (memperkuat dan memperlemah) hubungan antara variabel independen dengan dependen. Variabel disebut juga sebagai variabel independen kedua. Hubungan perilaku suami dan istri akan semakin baik (kuat) jika mempunyai anak, dan akan semakin renggang kalau ada fihak ketiga ikut mencampuri. Disini anak adalah sebagai variabel moderator yang memperkuat hubungan, dan fihak ketiga adalah sebagai variabel moderator yang mempelemah hubungan.

2 Responses to " Macam-macam Variabel Dalam Penelitian "

  1. Ini sangat berguna bagi para mahasiswa yang sedang belajar pada smester akhir

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis