Latest Updates

Pengertian Negara



Secara etimologi, kata negara berasal dari kata "staat" (belanda dan jerman), state (inggris), etat (perancis), dan status atau statuun (latin). Kata-kata tersebut berarti "meletakan dalam keadaan berdiri", "menempatkan", atau "membuat berdiri".
Negara merupakan kelanjutan dari keinginan manusia untuk bergaul dengan orang lain dalam rangka menyempurnakan segala kebutuhan hidupnya. Semakin luas pergaulan manusia, semakin banyak pula kebutuhannya, sehingga bertambah besar kebutuhannya akan suatu organisasi negara yang akan melindungi dan memelihara keselamatan hidupnya.
Untuk menjelaskan pengertian negara secara pasti sangatlah sulit, karena para pakar mengartikan menurut titik pandangnya sendiri-sendiri, sehingga pengertian negara bisa bermacam-macam.



  1. Roger H.Solta; Negara adalah alat (agendy) atau wewenang (authority) yang mengatur atau mengendalikan persoalan-persoalan bersama atas nama masyarakat.
  2. Harold J.Laski ; Negara adalah suatu masyarakat yang diintegrasikan karena mempunyai wewenang yang bersifat memaksa dan yang secara sah lebih agung daripada individu atau kelompok yang merupakan bagian dari masyarakat itu.
  3. Max Webber; Negara adalah suatu masyarakat yang mempunyai monopoli dalam penggunaan kekerasan fisik secara sah dalam suatu wilayah.
  4. Robert W.Maclver; Negara adalah asosiasi yang menyelenggarakan penerbitan di dalam suatu masyarakat dalam suatu wilayah dengan berdasarkan sistem hukum yang diselenggarakan oleh suatu pemerintah yang untuk dimaksud tersebut diberi kekuasaan memaksa.
  5. George Jellinek; Negara adalah organisasi kekuasaan dari sekelompok manusia yang telah berkediaman di wilayah tertentu.
  6. J.H.A. Logeman; Negara adalah suatu organisasi kemasyarakatan yang mempunyai tujuan melalui kekuasannya untuk mengatur serta menyelenggarakan sesuatu (berkaitan dengan jabatan, fungsi lembaga kenegaraan, atau lapangan kerja) dalam masyarakat.
  7. R.Djokosoetono; Negara adalah organisasi manusia yang berada di bawah suatu pemerintahan yang sama.
  8. Penulis; Negara adalah gedung suatu bangsa, dan bangsa adalah warga penghuninya.

0 Response to " Pengertian Negara "

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis