Latest Updates

Sejarah Komputer



Komputer adalah mesin yang menyimpan informasi dan kemudian memprosesnya. Ini sedikit mirip dengan otak  manusia : Komputer menerima fakta atau data ("masukan/input") yang kemudian diproses dengan sangat cepat di dalamnya dengan menggunaklan "perangkat keras (hardware)" dan "perangkat lunak (software)." dan menghsailkan informasi ("keluar/output") untuk kita gunakan.
Dahulu, komputer yang kita kenal sekarang pada awalnya adalah mesin yang jauh lebih sederhana. Perkembangan Komputer berawal pada tahun 1832, ketika matematikawan Inggris, Charles Babbage (1791-1971), merancang mesin Analitis mekanis. Ini adalah salah satu mesin pertama yang menggunakan "program" untuk mengerjakan penghitungan. Beberapa tahun kemudian, Mesin Babbage menjadi inspirasi bagi komputer elektronik modern.
Komputer bergana (digital) elektronik pertama yang sebenarnya dibuat pada tahun 1945. Komputer ini disebut ENIAC (Elektronic Numerical Integrator And Computer atau Komputer dan Alat Hitung Bilangan Elektronik) dan dapat memproses sekitar 5.000 penghitungan setiap detik. ENIAC juga dapat menyimpan data didalam memorinya. Meskipun merupakan hasil perkembangan besar dalam teknologi penghitungan, ENIAC sangat jauh dari sempurna. Ukurannya sangat besar ! Panjangnya 49m, beratnya 30 ton, komputer ini memerlukan ruangan besar, dan membutuhkan listrik sebesar yang dibutuhkan oleh sepuluh rumah!
Konsep modern komputer pribadi (PC) yang dapat dipasang dengan pas di meja dan dapat digunakan hanya oleh satu orang adalah berkat perkembangan teknologi komputer selama tahun 1970-an. Teknologi VLSI (Very Large-Scale Integration atau Integrasi Sekala Sangat Luas) mengubah bentuk dan rancangan komputer dengan memperkenalkan rangkaian elektronik terpadu (keping silikon).
Keping silikon tidak lebih besar dari pada kuku jari anak-anak tetapi berisi semua komponen elektronik kecil yang sangat penting untuk menjalankan komputer, jadi sejak diperkenalkannya keping silikon, semua jenis mesin dapat berukuran jauh lebih kecil.


Komputer Rumah
Pada tahun 1975, salah satu komputer rumah pertama, Altair, diluncurkan. Komputer ini dijual dalam bentuk  kotak dan tanpa papan ketik (keyboard), tanpa alat penyimpanan, atau bahkan tanpa layar video. Komputer Apple II mengikutinya pada tahun 1977 dan menjadi salah satu komputer rumah pertama yang berhasil dirancang. Komputer ini memiliki papan kecil dan layar. Pada tahun 1981, IBM (International Business Machine atau Mesin Bisnis Internasional) turut bersaing merancang kompuer rumah yang sempurna ketika meluncurkan IBM PC-nya.
Tidak seperti Altair yang hadir lebih dahulu, IBM PC dibuat siap pakai, dan perubahan ini membantu mengembangkan pembakuan rancangan dan keberhasilgunaan komputer rumah selama beberapa tahun ke depan. IBM PC juga memperkenalkan istilah PC (Personal Computer) untuk pertama kalinya.

0 Response to " Sejarah Komputer "

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis