Latest Updates

Contoh Soal-soal Pretest PPG Untuk Guru SD Tahun 2019 beserta Jawabannya

  1. Seorang siswa diminta untuk mengidentifikasi masalah yang mereka hadapi, lalu masalah itu didiskusikan dalam kelompok untuk mendapatkan solusinya. Ilustrasi ini berkaitan dengan perkembangan....
    Jawab : Kemampuan Kongnitif
  2. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kongnitif adalah ......
    jawab : Kemampuan untuk memecahkan masalah
  3. Kemampuan berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terkaot dengan  obyek-obyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia.....
    Jawaban : 7 s.d 11/12 tahun
  4. Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai media adalah sesuai dengan tahapan  perkembangan berpikir anak yang dikenal sebagai tahapan......
    Jawaban : Anak memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan objek bersifat konkrit (operasional konkrit)
  5. Kemampuan peserta didik untuk membina hubungan dan kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan............
    Jawaban : Emosional
  6. Seorang peserta didik selalu ingin mendominasi dalam satu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesempatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung belajar sendiri. Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan......
    Jawaban : Sosial - Emosional
  7. Peserta didik telah memiliki yang memiliki moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan kemudian memutuskan berdasarkan kode moral pribadi.Hal ini merupakan contoh perilaku moral-spiritual pada tahapan.....
    Jawaban : Penalaran pascakovensional
  8. Individu memandang apa yang diharapkan oleh keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia mendukung aturan sosial bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang berharga. Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan moral.......
    Jawaban : Pascakonvensional
  9. Maksimalkan kegiatan ekstrakurikuler, melakukan rekreasi dengan guru, dan melakukan kegiatan informal lainnya memiliki fungsi untuk mengatasi kesulitan belajar dalam hal.....
    Jawaban : penciptaan hubungan yang baik
  10. Seorang peserta didik merasa kurang bersemangat pada jam usia pembelajaran. Dia bahkan lebih senang tinggal di sekolah sampai sore, petugas kebersihan sekolah sampai menyuruhnya pulang karena matahari hampir tenggelam. Peserta didik tersebut dicurigai memiliki hambatan pengembangan potensi berupa faktor....
    Jawaban : keluarga dan lingkungan masyarakat
  11. Seorang peserta didik mampu mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru tetapi pada saat ditanya ia tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta didik tersebut mengalami kesulitan/gangguan belajar dalam hal.....
    Jawaban : gangguan simbolik
  12. Perbedaan antara konseling dan wawancara terletak pada maksud dan tujuannya. Tujuan konseling adalah......
    Jawaban : Membantu siswa agar dapat mengatasi kesulitan belajar
  13. Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah....
    Jawaban : Behaviorisme
  14. Di dalam proses pembelajaran, pada siswa dihadapkan dengan situasi dimana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan meenemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknyadugaannya itu. Hal ini merupakan teori belajar.......
    Jawaban : Konstruktivisme
  15. Menurut teori ini, peranan guru dalam pembelajaran adalah sebagai motivator, fasilitator, dan memberikankesadaran mengenai makna kehidupan pada siswa. Teori belajar ini berusaha memahami perilaku belajar dari sudut pandang pelakunya bukan dari sudut pandang pengamatnya. Teori belajar ini adalah.............
    Jawaban : Humanistik
  16. Pada masa kini siswa dituntut untuk dapat belajar setiap saat bisa terjadi dimanapun. Hal ini terjadi karena kemajuan teknologi yang memungkinkan belajar jarak jauh dalam jaringan atau online. Pernyataan diatas sejalan dengan teori belajar.........
    Jawaban :Sibernetik
  17. Pendapat yang menyatakan bahwa pengetahuan atau pengalaman yang baru dapat terkait  dengan pengetahuan lama yang sudah ada dalam struktur kongnitif seseorang adalah teori
    Jawaban : Kongnitivisme
  18. Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensinya di muat dalam..
    Jawaban : RPP
  19. Komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri dari.............
    Jawaban : Identitas, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi.
  20. Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai berikut:
    Jawaban : Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan RPP mengarahkan kegiatan belajar untuk mencapai kompetensi dasar.

0 Response to " Contoh Soal-soal Pretest PPG Untuk Guru SD Tahun 2019 beserta Jawabannya "

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis