Latest Updates

Penemuan dari Masa Ke Masa

Penemuan dari Masa Ke Masa
Sejak zaman prasejarah, manusia telah membuat berbagai perkakas sederhana. Sejalan dengan perkembangan zaman, pengetahuan manusia semakin maju. Berbagai penemuan yang dihasilkan semakin canggih dan mempe
udah hidup kita. Berikut ini adalah penemuan-penemuan terpenting dari zaman prasejarah hingga masa kini.

250.000 SM
Perkakas batu
Manusia zaman batu tua membuat perkakas batu sederhana, seperti kapak dari pecahan batu atau alat potong dari serpihan batu tajam.

±30.000 SM
Busur anak panah
Lukisan gua dari tahun 30.000 SM menggambarkan para pemburu yang menggunakan busur dan anak panah serta jebakan untuk berburu hewan.

9.000-7.000 SM
Membuat Api
manusia zaman Neolitik menemukan cara membuat api dengan menggunakan alat sederhana untuk menghasilkan gesekan dan memukulkan rijang pada pirit untuk menghasilkan percikan.

±3.500 SM
Roda
Roda pertama kali digunakan di Mesopotamia untuk membuat keramik. Sekitar tahun 3.500 SM, kendaraan juga sudah dilengkapi roda yang dibuat dari gabungan dua atau tiga lempengan kayu.

± 3.000 SM
Tulisan
Tulisan pertama ditemukan orang Sumeria. Teks yang ditemukan dari peradaban ini sangat beragam, dari daftar barang hingga kisah dan hukum sumeria.

± 2.000 SM
Kereta Kuda
Kereta kuda ringan beroda dua dikembangkan di daerah stepa Asia dan digunakan sebagai kendaraan perang mewah diberbagai tempat, termasuk Mesir.

± 1.000 SM
Abjad Yunani
Orang Yunani Kuno menggunakan abjad dengan 24 huruf yang diadaptasi dari abjad Fenisia. Tiap simbol abjad mewakili suara, bukan kata, sehingga lebih mudah dipelajari daripada piktogram.

200 M
Sistem Pemanas
Orang Romawi membangun via dan pemandian umum dengan sistem pemanas yang disebut hypocaust.

1400
Meriam
Di Asia, pistol bambu bermesiu digunakan untuk melontarkan panah. Pada tahun 1400-an , meriam besi dengan peluru batu mulai digunakan di seluruh Eropa.

1455
Percetakan Pertama
Perajin Jerman, Johannes Gutenberg, membuat mesin cetak dengan huruf gerak pertama. Pada tahun 1455, ia mencetak buku pertamanya yaitu Al kitab berbahasa latin.

1608
Teleskop
Teleskop ditemukan oleh Hans Lippershey. Sementara itu, galileo berhasil mencapai penemuan besar dalam bidang astronomi dengan teleskop buatan sendiri pada tahun 1609.

1756
Kimia
Ilmuwan Inggris, Joseph Black, menemukan gas karbon dioksida setelah menyadari bahwa udara yang dihembuskan manusia menyatu dengan kapur dalam reaksi kimia yang bisa dibalik dengan pemanasan.

1772-1774
Oksigen
Dua Ilmuwan secara terpisah menemukan Oksigen: Carl Wihelm Scheele dari Swedia (±1772) dan ahli kimia Inggris, Joseph Priestley (1774).

1770-1780
Struktur Air
Ahli kimia Prancis, Antoine-Laurent Lavoiser, menemukan bahwa air adalah gabungan dari dua gas di udara, yaitu hidrogen dan oksigen.

1794
Katun
Insiyur AS, Eli Whitney mematenkan ciptaannya, berupa mesin penyisir biji kapas yang disebut cotton gin.

1796
Vaksinasi
Dokter Inggris, Edward Jenner, menemukan proses vaksinasi dan memvaksinasi seorang anak pengidap cacar, penyakit mematikan pada saat itu. Jumlah kasus cacar berkurang dengan cepat sejak penemuannya.

1822
Komputer Mekanis
Pionir Komputer , Charles Babbage, merancang komputer mekanis pertama, Akan tetapi, teknologi yang diperlukan untuk membuatnya baru ada bertahun-tahun kemudian.

1824
Braille
Lois Braille dari Perancis, menciptakan abjad yang dapat dibaca dan ditulis oleh orang buta. Abjad ini memiliki 63 karakter.

1825
Jalur Kereta Api
Jalur Stockton-Darlington di Inggris dilalui kereta api penumpang dan barang bermesin uap pertama. jalur ini mulai beroparasi pada 27 september.

1838-1839
Sel
Ilmuwan Jepang , Mathias Scledieden dan Theodor Schwann, menemukan bahwa semua hewan dan tumbuhan terbentuk dari satuan terkecil pembentuk tubuh yang disebut sel.

1876
Telepon
Penemu AS kelahiran Skotlandia, Alexander Grahambell, diberikan salah satu paten terpenting dalam sejarah, yaitu Paten AS No.174.465 untuk alat pengirim suara melalui listrik.

1877
Fonograf
Rekaman suara pertama dilakukan dengan fonograf. Penemu AS, Thomas Edison, merekam suaranya sendiri dengan menyanyikan lagu "Mary had a Little Lamb".

1882
Pembangkit Listrik
Thomas Edison mengawasi pembangunan dan pemanasan Instalasi pembangkit listrik pertama di New York. Stasiun ini mulai beroparasi pada bulan September 1882.

1900
Sidik Jari
Ilmuwan Inggris, Francis Gultom dan Perwira Polisi, Sir Edward R.Henry menciptakan sistem klasifikasi sidik njari yang mulai diperkenalkan pada Juni 1900. Sistem Galton-Henry digunakan di Inggris untuk identifikasi kriminal sejak 1901.

1901
Pesan Radio
Pada tanggal 12 Desember, Fisikawan Italia, Guglielmo Macroni menjadi terkenal setelah mengirimkan pesan radio melintasi Samudra Atlantik. Pesannya adalah titik titik titik, kode Morse untuk huruf "S".

1903
Penerbangan Pertama
Pada 17 Desember, Wright bersaudara berhasil melakukan penerbangan pertama dengan pesawat "Flyer" mereka. Penerbangan ini hanya
berlangsung sejauh 36,5 meter dan selama 12 detik.

1908
Model T
Mobil model T pertama diproduksi oleh Ford. Konsep produksi yang revolusioner memungkinkan 15 juta Modal T diproduksi selama 19 tahun ke depan.

1913
Struktur Atom
Fisikawan Denmark , Niels Bohr, mengajukan teori struktur atom, yaitu bahwa atom terdiei dari sebuah nukleos yang dikelililngi  awan elektron berupa lapisan-lapisan yang luar yag terpusat.

1926
Televisi
Pionir televisi Inggris, John Logie Baird, melakukan demonstrasi pertama tentang sistem televisi. ia menunjukan gerakan wajah. Gambarnya masih buram, tetapi luar biasa untuk waktu itu.

1927
Alam Semesta yang Terus Meluas
Saat vmempelajari galaksi-galaksi di luar Bimasakti, Edwin Hublle menyadari bahwa galaksi-galaksi tersebut bergerak menjauhi Bimasakti. Ini menunjukan bahwa alam semesta terus meluas.

1952
Penamuan DNA
Biokimiawan AS, Alferd Hershey dan Martha Chase, menyatakan bahwa DNA adalah cara informasi genetis diturunkan. Pada tahun 1953, Crick dan Watson menemukan struktur DNA.

1967
Transpalasi Jantung
Pada tanggal 3 Desember, tim yang terdiri atas 20 dokter bedah pimpinan ahli bedah jantung, Dr.Cristian Barnard melakukan transpalasi jantung pertama di RS Groote Schuur di Cape Town, Afrika Selatan, Pasiennya, Louis Washkansky, meninggal 18 hari kemudian.

1969
Pesawat Komersial Supersonik
pada tanggal 2 Maret, Concorde, pesawat penumpang yang mampu terbang dua kali kecepatan suara, diterbangkan pertama kali oleh pilot  tes utama, Andrea Turcat. Concorde adalah hasil kerja sama insiyur Prancis dan Inggris.

1974
Lucy
Profesor Donald Johanson dan asistennya, Tom Gray menemukan kerangka Australopithecus terlengkap dari ekskavasi di Ethiopia Utara. Hominid awal yang berusia 3,2 juta tahun ini diberi nama Lucy.

1975
Microsoft
Bill Gates dan temannya, Paul Allen mendirikan Microsoft, perusahaan yang menciptakan   sistem operasi MS-DOS dan windows. Program -program ini digunakan hampir semua PC di dunia.

1983
Virus HIV
Virus HIV penyebab AIDS ditemukan oleh Ilmuwan Perancis, Luc Montagnier, dan tim Institut Pasteur di Prancis.

1984
Pemrofilan DNA
Ilmuwan Inggris, Alec Jeffreys, menciptakan metode analisis DNA untuk memproduski satu fitur khusus yang unik bagi tiap orang. Proses yang disebut pemrofilan DNA ini bisa digunakan untuk mengidentifikasi kriminal.

1989
Worl Wide Web
Pada tahun 1989, World Wide Web diluncurkan melalui internet yang diciptakan ilmuwan komputer Iggris, Tim Berners-Lee, untuk keperluan fasilotyas riset ilmiah.

1996
Klona Hewan
Pada tanggal 5 Juli, tim Ilmuwan Skottlandia dari Institut Roslin berhasil membuat mamalia hasil klona pertama yang diberi nama Dolly si Domba.

2000
Cetakan Genom Manusia
Cetakan pertama genom manusia yang terdiri ndari 3 miliar pasangan DNA dengan ribuan gen terpisah, diperkenalkan setelah 10 tahun usaha intensif.

2003
Genom Manusia
Proyek Genom Manusia telah berhasil membaca secara berurutan semua "huruf" dalam genom manusia (kumpulan instruksi pembangun tubuh yang disimpan dalam tiap sel tubuh).

2004
Planet Kerdil Baru
15 Maret 2004, NASA mengumumkan penemuan planet kerdil baru di batas luar Tata Surya. Planet kerdil berdiameter 1.600 km ini diberi nama 90377 Sedna.

3 Responses to " Penemuan dari Masa Ke Masa "

  1. Hebat,peradaban manusia jaman 250.000 SM nenek moyang manusia sudah membuat perkakas dari batu.
    Ngga bisa bayangin dulu kala suasana seperti apa alamnya.

    ReplyDelete
  2. dari masa ke masa byk perubahan. banyak sejarahnya untung mas bikin tulisan ini. jadi punya ilmu baru deh

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis