Latest Updates

Cara Kerja Telinga dan Gangguan Pada Telinga

Telinga sebagai indra pendengar peka terhadap  rangsang bunyi. Pada telinga juga terdapat alat keseimbangan tubuh.
Bagian-bagian telinga
Telinga  Manusiaterdiri atas tiga bagian:
  1. Telinga luar, berfungsi untuk menangkap suara. Pada bagian ini terdapat daun telinga, lubang telinga, kelenjar minyak dan selaput gendang.
  2. Telinga tengah, berfungsi untuk menghantarkan bunyi. bagian ini terdiri dari selaput pendengaran (gendang telinga), tulang-tulang pendengaran (tulang martil, landasan, sanggurdi), dan saluran eustachius.
  3. Telinga dalam terdiri dari tiga saluran setengah lingkaran sebagai alat kesimbangan tubuh.
  1. Telinga bagian luar menangkap getaran bunyi dan menyalurkannya ke telinga tengah.
  2. Gelombang bunyi kemudian menggetarkan gendang telinga. Getaran itu selanjutnya diteruskan ke rumah siput.
  3. Selanjutnya saraf-saraf pendengaran mengirimkan pesan ke otak. Otak akan mengelola pesan tersebut sehingga kita mendengar bunyi atau suara.
Gangguan pada telinga
Gangguan dan penyakit yang menyerang  telinga diuraikan sebagai berikut :
  1. Tuli atau tidak dapat mendengar. Tuli dapat dialami sejak lahir dan dapat juga terjadi setelah dewasa. Tuli sejak lahir mengakibatkan orang tidak dapat berbicara. Orang tuli total menggunakan bahasa isyarat untuk berkomunikasi. Dengan latihan keras, mereka juga dapat berbicara, walaupun tidak dapat mendengar. Orang sehat dapat menjadi tuli jika mengalami kerusakan gendang telinga dan saraf-saraf pendengaran. Pada umumnya, tuli tidak dapat disembuhkan. Akan tetapi, penderita tuli yang tidak parah dapat dibantu dengan menggunakan alat bantu dengar (hearing aid).
  2. Congek adalah keluarnya cairan berbau busuk dari telinga akibat terjadi radang pada telinga bagian dalam. Dengan pengobatan intensif, penyakit ini dapat disembuhkan.
  3. Bisul atau luka dapat terjadi di dalam telinga akibat infeksi. Kebiasan buruk mengorek telinga menggunakan jari atau korek api dapat melukai telinga. Bisul dalam telinga mengakibatkan rasa nyeri (sakit) yang luar biasa.

2 Responses to " Cara Kerja Telinga dan Gangguan Pada Telinga "

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis