Latest Updates

Contoh Kultum Sesudah Sholat Subuh

Biasanya setelah sholat subuh dibulan Ramadhan oleh Imam Masjid atau Musholanya diisi dengan kegiatan Kuliah Tujuh Menit atau yang biasa disingkat dengan Kultum. Dibawah ini adalah contoh Kultum sesudah sholat Shubuh, semoga bermanfaat dan bisa anda jadikan referensi untuk materi Kultumnya.
Assalamu'alaikum Warahmatullahi wabarakaatuh.
Alhamdulilahirobil'alamin, wabihi nasta'inu'ala umuriddunya waddin, washolatu washalamu'ala sayydina wal mursalin, wa'ala aalihi wa as habihi ajma'in, amma ba'du.
Subuh adalah salah satu waktu di antara beberapa waktu, di mana Allah Ta’ala memerintahkan umat Islam untuk mengerjakan shalat kala itu.

Allah Ta’ala berfirman dalam QS Al Isra ayat 78, yang artinya : Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) Subuh. Sesungguhnya shalat Subuh tu disaksikan (oleh malaikat). (Qs. Al-Isra’: 78)

Betapa banyak kaum muslimin yang lalai dalam mengerjakan shalat Subuh. Mereka lebih memilih melanjutkan tidurnya ketimbang bangun untuk melaksanakan shalat.  Jika kita melihat jumlah jama’ah yang shalat Subuh di masjid, akan terasa berbeda dibandingkan dengan jumlah jama’ah pada waktu shalat lainnya.

Keutamaan Shalat Subuh
Apabila seseorang mengerjakan shalat Subuh, niscaya ia akan mendapati banyak keutamaan, di antaranya adalah :
  1. Salah satu penyebab masuk surga
    Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, yang artinya “Barangsiapa yang mengerjakan shalat bardain (yaitu shalat Subuh dan ashar) maka dia akan masuk surga.” (HR. Bukhari no. 574 dan HR Muslim no. 635)
  2. Salah satu penghalang masuk neraka
    Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, yang artinya : Tidaklah akan masuk neraka orang yang melaksanakan shalat sebelum terbitnya matahari (yaitu shalat Subuh) dan shalat sebelum tenggelamnya matahari (yaitu shalat ashar).” (HR. Muslim no. 634).
  3. Berada di dalam jaminan Allah
    Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, yang artinya  : Barangsiapa yang shalat subuh maka dia berada dalam jaminan Allah. Oleh karena itu jangan sampai Allah menuntut sesuatu kepada kalian dari jaminan-Nya. Karena siapa yang Allah menuntutnya dengan sesuatu dari jaminan-Nya, maka Allah pasti akan menemukannya, dan akan menelungkupkannya di atas wajahnya dalam neraka jahannam.  (HR. Muslim no. 163).
  4. Dihitung seperti shalat semalam penuh
    Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, yang artinya : Barangsiapa yang shalat isya` berjama’ah maka seolah-olah dia telah shalat malam selama separuh malam. Dan barangsiapa yang shalat Subuh berjamaah maka seolah-olah dia telah shalat seluruh malamnya.” (HR. Muslim no. 656)
  5. Disaksikan para malaikat
    Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, yang artinya : Dan para malaikat malam dan malaikat siang berkumpul pada shalat fajar (subuh).” (HR. Bukhari no. 137 dan HR Muslim no.632).

9 Responses to " Contoh Kultum Sesudah Sholat Subuh "

  1. saya caplok untuk bekal saya ngisi shubuh ya mas, mantap informasinya, jadi ngak repot lagi ni

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan mas Ibrahim, semoga kultum ini bisa bermanfaat

      Delete
  2. Replies
    1. Jangan panggil aku Ustadz dong, jadi nggak enak nih! Tidak pantas aku

      Delete
  3. Sebentar lagi bulan Ramadhan nih, pasti banyak oorang mencari artikel seperti ini ya pak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mba ida, bulan Ramadhan adalah bulan penuh dengan hikmah, semoga artikel kali ini bermanfaat

      Delete
  4. Ini yang masih menjadi kendala, saya kang,, sangat dan masih malas bangun jamaah sholat subuh kalo mendengar azan, seringnya nyuekin, jadi sholat subuh agak telatan dikit gitu mas,,,
    Apakah ada solusi biar semangat ikut jamaah subuhan kang,,jadi semua manfaat, yang di jelaskan di atas bisa terserap...makasih infonya kang, keren abis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin Mas Dwi harus tidur lebih awal agar bisa bangun lebih awal juga sehingga bisa ikut shalat Shubuh berjamaah

      Delete
  5. Jadi inget nih kang dzaki kalau bentar lagi mau ramadhan ya.. semoga aja kita diberikan kesehatan dsn bisa mengikuti kultum d mesjid dan dapat banyak ilmu yang bermanfaat ya. Ayo solat subuh tepat waktuuu

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis