Latest Updates

Perlawanan Rakyat Ternate Terhadap VOC



VOC melaksanakan monopoli perdagangan rempah--rempah di Maluku sehingga sangat merugikan rakyat. Pada tahun 1635, rakyat Ternate di bawh pimpinan Kakiali melakukan perlawanan terhadap VOC. Perlawanan ini dapat dipadamkan  VOC, setelah Kaliali terbunuh pada tahun 1643.
Perlawanan rakyat Ternate berkobar kembali di bawah pimpinan Telukabesi. Akan tetapi, perlawanan ini pun berhasil ditundukan oleh VOC pada tahun 1646. Pada tahun 1656 timbul perlawanan kembali yang dipimpin oleh Saidi. Pada tahun 1656 Saidi tertangkap dan dihukum mati oleh VOC. Akhirnya Sultan Ternate dipaksa menandatangani perjanjian yang sangat merugikan Ternate.

Pada tahun 1675 timbul perlawanan dari rakyat Jailolo, tetapi juga dapat ditundukan oleh VOC. Sultan Ternate ditangkap dan dibuang ke Batavia. Dengan demikian, VOC dapat memaksakan monopoli dengan menguasai Ternate.

0 Response to " Perlawanan Rakyat Ternate Terhadap VOC "

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis