Latest Updates

Letak Geografis Kabupaten Cilacap dan Makanan Khasnya

KEADAAN UMUM KABUPATEN CILACAP

Letak geografis Kabupaten Cilacap pada 108º 4’ 30 “ – 109º 22’ 30 “ Garis Bujur Timur dan 7º 30’ 20 “ – 7º 45’ Garis Lintang Selatan, dengan luas wilayah 225.361 Km2 dengan batas wilayah meliputi :

Sebelah Utara : Kabupaten Banyumas
Sebelah Selatan : Samodera Hindia
Sebelah Timur : Kabupaten Kebumen
Sebelah Barat : Kabupaten Ciamis
Secara geografis berada di bagian wilayah selatan Provinsi Jawa Tengah berhadapan langsung dengan perairan Samudera Hindia, dengan panjang garis pantai ± 105 km, yang dimulai dari bagian timur pantai Desa Jetis Kecamatan Nusawungu ke arah barat hingga Ujung Kulon Pulau Nusakambangan berbatasan dengan Provinsi Jawa Barat.

Topografi wilayah Kabupaten Cilacap terdiri dari permukaan landai dan perbukitan dengan ketinggian antara 6 – 198 m dari permukaan laut. Wilayah topografi terendah pada umumnya dibagian selatan yang merupakan daerah pesisir dengan ketinggian antara 6 – 12 m dpl, yang meliputi dari wilayah Cilacap Timur yaitu Kecamatan Nusawungu, Binangun, Adipala, Sebagian Kesugihan, Cilacap Utara, Cilacap Tengah, Cilacap Selatan, Kampung Laut, dan sebagian Kawunganten. Sedangkan topografi yang termasuk dataran rendah dan sedikit berbukit antara lain Kecamatan Jeruklegi, Maos, Sampang, Kroya, Kedungreja, dan Patimuan dengan ketinggian antara 8 – 75 m dpl . Sedangkan topografi yang termasuk dataran tinggi atau perbukitan meliputi wilayah Cilacap bagian barat yaitu Kecamatan Daeyeuhluhur, Wanareja, Majenang, Cimanggu, Karangpucung, dengan ketinggian antara 75 – 198 m dpl, dan Kecamatan Cipari, Sidareja, sebagian Gandrungmangu, dan sebagian Kawunganten dengan ketinggian. antara 23 – 75 m dpl.
Kabupaten Cilacap memiliki luas wilayah cukup besar serta berbagai keadaan topografi serta factor pendukung lingkungan yang berbeda-beda, tentunya akan sangat berpengaruh terhadap ketersediaan potensi sumberdaya alam yang ada. Potensi sumberdaya alam yang ada meliputi dalam kawasan pesisir, dalam kawasan dataran rendah, serta potensi sumberdaya alam pada kawasan pedalaman atau wilayah dataran tinggi atau perbukitan, yang masing-masing mempunyai karakteristik yang berbeda-beda, tentunya akan berbeda-beda pula dalam pemanfaatannya serta dalam pengelolaanya.
Daerah pesisir Kabupaten Cilacap merupakan kawasan yang mempunyai suatu ekosistem sangat unik yang ada di bagian selatan Pulau Jawa. Kawasan perairan pesisir yang banyak dipengaruhi oleh beberapa faktor fisik lingkungan eksternal dari aktivitas daratan, pengaruh masa air sungai dan muatan sedimen melalui proses hidro-oseanografis yang terjadi hingga ke tengah laut pada radius ± 5 mil, sehingga terjadi proses pengkayaan unsur hara seperti Nitrat dan Posfat yang penting bagi fotosintesis biomasa fitoplankton perairan.
Pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya alam di kawasan pesisir dan laut adalah melalui pengembangan perikanan tangkap serta pengembangan budidaya di ditambak. Potensi sumberdaya perikanan tangkap di Cilacap sangat besar dikarenakan letaknya berbatasan langsung dengan Samodera Hindia, yang mana mempunyai keunggulan yang kompetitif seperti ikan tuna dan jenis udang, yang merupakan komoditas eksport perikanan Kabupaten Cilacap. Sedangkan potensi sumberdaya perikanan budidaya di kawasan pesisir adalah budidaya tambak udang, bandeng, serta kepiting. Disamping itu masih banyak potensi Sumberdaya Perikanan yang memiliki nilai ekonomis dan prospektif untuk dikembangkan di masa yang akan datang misalnya sidat, rumput laut serta kerang (totok)
Sedangkan pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya alam di kawasan pedalaman atau di kawasan dataran tinggi adalah melalui pengembangan perikanan budidaya ikan di kolam, budidaya ikan di karamba di perairan umum dan penangkapan ikan di perairan umum (sungai, rawa dan genangan). Produk unggulan utama komoditas budidaya ikan di kolam adalah ikan gurami, serta jenis ikan lainnya antara lain : lele, nila, ikan mas, tawes, bawal tawar, patin
Dengan demikian secara langsung ataupun tidak langsung bidang Kelautan dan Perikanan mempunyai andil terhadap kontribusi pendapatan daerah, perbaikan ekonomi dan taraf hidup masyarakat di kabupaten Cilacap.
Kabupaten Cilacap dalam tatanan administrasi pemerintahan terdiri dari 24 Kecamatan dan 284 Desa/Kelurahan, dengan spesifikasi 11 Kecamatan (72 Desa/Kelurahan) yang memiliki wilayah pesisir di wilayah Selatan Jawa Tengah. Jumlah penduduk keseluruhannya 1.872.576. jiwa (laki-laki: 947.814 jiwa, perempuan: 924.732 jiwa), pertumbuhan penduduk:sekitar 8,48 % dan dengan laju pertumbuhan ekonomi sebesar 34,08 %, serta jumlah penduduk miskin 148.282 jiwa (Pra sejahtera 146.736 jiwa).

Berikut makanan khas Cilacap yang sangat digemari dan mudah di jumpai di daerah Cilacap. Bahkan mungkin salah satu dari makanan ini menjadi Klangenan atau makanan favorit kamu.
  1. Thempleng
    Makanan ini juga biasa di sebut rempeyek, tapi di Cilacap ada yang menyebutnya Thempleng. Rempeyek terbuat dari tepung beras, dengan bumbu-bumbu yang enak dan gurih. Rempeyek ini ada berbagai macam variasi, ada rempeyek kacang, kedele, teri, rebon dan kacang ijo. Biasa rempeyek bisa kita jumpai di warung-warung dan hajatan di kampung-kampung.
  2. Lanthing
    Lanthing ini dibuat berbahan dasar singkong dan berbentuk bulat-bulat bolong ditengah. Rasanya gurih, renyah dan cocok sekali untuk cemilan diwaktu santai bersama keluarga, teman ataupun pacar. Di Adipala banyak pembuat lanting yang khas enaknya dan didistribusikan ke seluruh pelosok-pelosok Cilacap sekitarnya.
  3. Mendoan
    Siapa sih yang tak kenal mendoan…??Mendoan dapat kita jumpai dimana-mana disekitar Barlingcakeb, karena mendoan termasuk makanan yang sangat familiar . Mendoan adalah makanan dari tempe yang tipis lebar, di lumuri adonan tepung yang sudah dibumbui dan dikasih daun bawang lalu digoreng setengah matang atau mendo. Mendoan ini enak disantap ketika masih anget beserta cabe rawit segar atau nyigit.
  4. Gembus
    Gembus atau Donat Jawa terbuat dari singkong yang diolah, bentuknya seperti donat kemudian digoreng. Gembus bisa kita jumpai di acara-acara hiburan di kampung, di pinggir jalan ketika sore hari, dan di pasar-pasar tradisional di Cilacap. Gembus enak dinikmati selagi masih anget akan terasa banget gurihnya.
  5. Tahu Masak
    Tahu masak adalah makanan yang terdiri dari tahu kotak putih yang digoreng dengan minyak sedikit, kemudian dipotong-potong di kasih irisan kobis, kupat, krupuk banggi, dan bumbu khas yang dipadu dengan kacang giling. Tahu masak ini bisa kita jumpai di pasar-pasar tradisional atau di acara-acara hiburan.
  6. Tempe Dages
    Tempe dages ini terbuat dari dari ampas tahu, warnanya abu-abu, bentuknya kotak dan padat. Tempe dages di digoreng  seperti tempe mendoan,  rasanya enak tak kalah nikmat dengan tempe mendoan, gurih dan murah meriah. Tempe dages biasanya dijual bareng dengan tempe mendoan, tahu brontak dan pisang goreng.
  7. Kripik Tempe
    Kripik tempe ini termasuk salah satu khas Banyumas namun juga termasuk makanan khas Cilacap. Kripik tempe ini seperti tempe mendoan, tapi digoreng kering sampe renyah atau kriuk. Bentuknya tipis warnanya coklat, rasanya nikmat, renyah dan gurih. Cocok buat cemilan, dimakan dengan nasi atau buat oleh-oleh.
  8. Salai Pisang
    Salai Pisang terbuat dari pisang matang yang dikeringkan, rasanya manis dan gurih. Cocok untuk makanan ringan, bahkan sekarang banyak diolah berbagai variasi di goreng tepung, ditaburi coklat dan keju.
  9. Rempeyek Yutuk
    Salah satu makanan khas Cilacap yang terkenal adalah peyek yutuk. Yutuk adalah hewan laut yang mirip dengan kepiting atau udang. Yutuk rasanya enak, gurih dan menggoda kalau sudah menjadi rempeyek. Warnanya oranye kemerah-merahan banyak dipilih karena unik. Yutuk ini banyak kita jumpai di daerah pantai seperti Widarapayung dan sekitarnya.
  10. Brekecek
    Brekecek makanan Khas Cilacap yaitu Pathak Jahan atau disebut juga kepala Ikan Jahan. Seninya menikmati brekecek adalah dengan menyeruput kepala jahan atau pathak ikan tersebut. Brekecek ini kepala ikan jahan dimasak dengan bumbu-bumbu serupa dengan rica-rica, namun tentunya berbeda dengan rasa didalamnya.
  11. Krupuk Tengiri
    Krupuk Tengiri ini terbuat dari bahan dasar ikan Tengiri. Bentuknya bulat dan berwarna kecoklatan, rasanya sangat gurih, dan terasa banget ikan tengirinya. Krupuk Tengiri ini, bisa kita buat cemilan ketika nonton tv ataupun sebagai teman makan nasi atau soto.
  12. Karedok
    Karedok diadobsi dari daerah Banjarsari Jawa Barat. Tapi, di Cilacap Karedok sudah menjadi tradisi. Mungkin didasari karena Cilacap berbatasan langsung dengan Jawa Barat. Karedok terbuat dari sayuran yang masih mentah, wortel, kobis, mentimun, kacang panjang dan kecambah. Kemudian sayuran tersebut disiram atau dicampur dengan bumbu sambal kacang, ditaburi krupuk banggi atau ditambah dengan tahu ataupun ketupat.
  13. Sea Food Pantai Teluk Penyu
    Nah, jika kamu berwisata ke Pantai Teluk Penyu Cilacap,  jangan lupa untuk menikmati beraneka macam masakan sea food. Rasanya nikmat dan mantap, di racik dengan bumbu yang pas dan pastinya lezat. Harganya pun terjangkau dan lokasinya berada di pinggiran Pantai Teluk Penyu Cilacap.
  14. Kripik dan Stik Sukun
    Cilacap selain terkenal kaya dengan hasil lautnya, juga mempunyai produk unggulan dibidang pertanian yaitu Sukun. Di Cilacap, Sukun diolah menjadi kripik dan stik. Kripik Sukun berbentuk tipis, sedangkan stik sukun berbentuk persegi panjang.  Diolah dengan digoreng, rasanya enak dan gurih.
  15. Cetil atau Cenil
    Cetil terbuat dari pati singkong, diolah berbentuk bulat-bulat atau kotak-kotak, dan diberi warna sesuai selera. Cenil ini dimakan dengan kelapa, ditaburi dengan gula pasir atau gula jawa.
  16. Lopis
    Lopis merupakan jajanan pasar yang rasanya legit dan manis. Kue Lopis ini terbuat dari beras ketan dibungkus daun pisang dan dikukus. Rasanya sangat nikmat, karene penyajianya dilumuri saus gula merah beserta kelapa parut. Kue Lopis ini bisa kita jumpai dipasar-pasar tradisional di Cilacap dan sekitarnya.
  17. Lepet
    Lepet terbuat dari beras ketan dan kelapa parut yang dililit-lilit dengan janur kuning. Di Cilacap, lepet disuguhkan ketika acara tujuh bulanan wanita yang sedang hamil. Lepet menjadi hidangan atau sajian di acara selamatan. Ada mitos, kalau lepet nya rasanya asin berarti bayi yang dikandung laki-laki dan kalau lepetnya tidak asin bayinya perempuan. 
  18. Mi Ayam
    Mi ayam Cilacap banyak dipengaruhi oleh masakan cina. Mi nya berwarna putih dengan sawi yang direbus, ayam dan kuahnya dipisah. Biasanya ditambah sendiri dengan saos tomat, kecap dan sambal serta krupuk pangsit. Rasanya enak, nikmat dan gurih.


3 Responses to " Letak Geografis Kabupaten Cilacap dan Makanan Khasnya "

  1. cilacap itu pakai bahasa apa bang Sunda atau JAwa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau cilacap barat ada yang sunda nya, wilayah Wanareja,

      Delete

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis