Latest Updates

Asma Bisa Dikendalikan

ASMA masih menjadi kendala kesehatan di masyarakat kita. Bukan penyakit menular, tetapi merupakan penyakit kronis dan sifat kambuhan sehingga sering penderita asma putus asa atas kesembuhannya. 
Namun sebagai seorang yang beriman hendaknya merujuk pada sebuah hadist Rasulullah Saw, yang artinya: "Setiap penyakit itu ada obatnya". Allah juga menegaskan dalam firman-Nya QS.Asy Syu'araa : 80 yang artinya: "Dan Apabila aku sakit, dialah yang menyembuhkan aku." Dengan demikian, seorang penderita asma dan keluarganya harus optimis dalam mengendalikan penyakitnya.
Asma adalah suatu keadaan dimana saluran pernapasan menjadi sangat peka terhadap rangsangan sehingga menyebabkan terjadinya penyempitan saluran pernapasan. Penyakit ini muncul karena adanya  ketidakseimbangan antara kondisi saluran napas dengan lingkungannya. Jadi, pada dasarnya, timbulnya penyakit asma ditentukan oleh dua faktor sebagai berikut:
  1. Kepekaan saluran napas, sifat dasar ini umumnya bawaan atau turunan sehingga mereka yang mempunyai orang tua atau keluarga dengan riwayat asma maka kemungkinan menderita asma juga semakin besar.
  2. Adanya faktor pencetus dari luar, yang merangsang saluran napas. Munculnya asma ditentukan oleh adanya faktor dari luar ini sehingga walaupun seorang mempunyai kepekaan berlebih pada saluran napasnya, jika faktor ini bisa dikendalikan maka seorang tidak akan menderita asma.
Cara pengendalian asma dalam keluarga sebagai berikut:
  1. Memahami secara benar tentang asma dan cara mengelola asma termasuk mengetahui obat-obatan asma, kegunaan, efek samping maupun cara pemakaiannya.
  2. Mengetahui faktor-faktor pencetus asma sehingga bisa dihindari kontak dengannya. Hal ini sangat efektif dalam pengendaliannya.
  3. Meningkatkan kebugaran tubuh penderita asma melalui olahraga yang terpimpin, misalnya senam asma renang dll.
  4. Senantiasa memantau dan menidaklanjuti proses pengelolaan penderita asma secara bersma-sama antara penderita, keluarga dan dokter.
Dengan upaya-upaya pengendalian yang dilakukan secara bersama antara penderita, keluarga dan dokter, yang diharapkan kekambuhan asma dapat dihindari.

12 Responses to " Asma Bisa Dikendalikan "

  1. tindakan preventif adalah tindakan yang paling baik ya mas, agar atsma ini tidak mudah kambuh lagi

    ReplyDelete
  2. Wah betul tuh, mencegah lebih baik dari pada mengobati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas Tanto, mencehag lebih baik dari pada sudah terjadi harus mengobati

      Delete
  3. dengan mengetahui pengetahuan kita tentang asma, paling tidak kita bisa meminimalisir resiko kambuhnya asma, makasih mas info sehatnya

    ReplyDelete
  4. Ini tentu menjadi kabar gembira ya kang untuk orang yang menderita penyakit asma.

    ReplyDelete
  5. harus rajin berolahraga ya biar daya tahan tumbuh pun meningkat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, olahraga memang bagus buat kbugaran kita

      Delete
  6. Renang memang olahraga yang baik untuk mengendalikan ASMA,,, saran dokterku sih gitu

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis