Latest Updates

Pengertian As-Sunah

Ketika berbicara mengenai masalah sunah, maka topik pembahasan kita tidak aakn terlepas dari pribadi nabi Muhammad saw, artinya sunah merupakan sesuatu yang memiliki keterkaitan erat dengan sosok Nabi Muhammad saw. Menyikapi hal ini , para Ulama memiliki pandangan yang berbeda-beda dalam mengartikan istilah as-sunah sesuai dengan disiplin ilmu dan berdasarkan ruang lingkup kajian mereka terhadap segala sesuatu yang  berhubungan erat dengan pribadi Nabi Muhammad saw. yang termaktub dalam firman Allah Swt.: Lakod kaana lakum fii rosuulilahi uswatun khasanah yang artinya  "Sesungguhnya di dalam diri utusan Allah terdapat suri tauladan yang baik bagi kalian semua". (Qs.al-Ahzab, 21)
Pertama, menurut mayoritas Ulama' ahli hadits, as-sunah adalah segala sesuatu yang disandarkan terhadap pribadi Nabi Muhammad saw. yang meliputi ucapan, perbuatan dan ketetapan Nabi Muhammad saw. Tidak cukup itu saja, bahkan sifat bawaan, tabiat asli atau hukmi Nabi Muhammad Saw. yang mencakup setiap gerakan dan diam dalam tidur serta bangunnya Nabi Muhammad saw. merupakan bagian dari pada as-sunnah,  begitu juga biografi Nabi Muhammad saw. sebelum diangkat menjadi seorang Rasul. Bahkan menurut pendapat ini, setiap perkara yang bersandar terhadap  Sahabat-sahabat Nabi saw. dan pengikutnyajuga termasuk bagian dari pada as-sunah. Artinya, menurut mayoritas pakar al-hadits, yang didalamnya mencakup hadits marfu' mauquf dan maqthu'.
Dalam pembahasan tersebut, Ulama ahli hadist banyak sekali mencantumkan hal-hal yang masuk dalam kriteria sunah Nabi saw. Hal ini disebabkan karena wilayah kajian pembahasan mereka terhadap Nabi saw. bersifat lebih umum dibandingkan  wilayah kajian pembahasan Ulama' pakar ilmu Usul Fiqih. Sehingga secara keseluruhan, segala sesuatu yang terkait dengan kehidupan Nabi Muhammad saw. disebut dengan as-sunnah, tanpa membatasinya dengan setiap hal yang dapat dijadikan sumber hukum saja. Source : Dr.Muhammad al-Khasyu'i, Ihtimam al-Muhaditsin Bi as-Sunnah al-Muthaharah juz 1. Hal 8 CD Maktabah asy-Syamilah, Hadits Marfu' artinya adalah Hadist yang sanad-nya sampai kepada nabi Muhammad Saw., sedangkan yang dimaksud dengan Hadits Mauquf adalah Hadits yang sanad-nya berhenti sampai pada golongan sahabat saja, sedangkan yang dimaksud dengan Hadits Maqthu adalah hadits yang sanad-nya terhenti sampai pada golongan Tabi'in saja.
Kedua, Menurut ulama' ahli usul, as-sunnah adalah segala sesuatu yang bersumber dari Nabi Muhammad Saw yang bisa dijadikan sebagai sumber pijakan sebuah hukum yang meliputi ucapan, perbuatan dan ketetapan dari Nabi Saw..
Sumber: Buku Potret Ajaran Nabi Muhammad dalam sikap dan tradisi serta amaliah NU. Hal.2

0 Response to " Pengertian As-Sunah "

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis