Latest Updates

Penemu-penemu Dunia

PENEMU-PENEMU DUNIA
Dibawah ini adalah penemu-penemu dunia yangwajib kita ketahui, sebagai dasar pengetahuan kita.
  1. Aristoteles (384-322 SM)
    Aristoteles adalah Filsuf Yunani dan salah satu pemikir besar masa lampau. Ia menghargai ilmu pengetahuan yang dihasilkan oleh pengamatan alam dan berkata "tidak ada yang tidak berguna di alam" 
  2. Archimedse dari Sycraucuse (287-212 SM)
    Ahli matematika berkebangsaan Yunani ini adalah penemu prinsip Archimedes, yaitu ketika sebuah benda dicelupkan sebagian atau seluruhnya ke dalam air, benda itu akan mendapat gaya ke atas yang sama besarnya dengan berat air yang dipindahkan.-Muhammad Ibnu MusaAl-Khawarizmi (780-850)
  3. Al-Khawarizmi adalah ahli matematika, astronomi, dan geografi dari Iran. Ia juga dikenal sebagai bapak aljabar. Orang eropa menyebutnya Al-Gorism. Nama it kemudian dipakai dalam aritmetika atau ilmu hitung.
  4. Abu Bakar Muhammad bin Zakaria Ar-Razi (864-930)
    Ahli kimia dan kedokteran yang lahir di Rayy, Taheran, ini lebih dikenal dengan nama Rhazes. Sebagai seorang dokter utama di rumah sakit Baghdad, Al-Razii merupakan orang pertama yang membuat penjelasan seputar penyakit cacar dan alergi asma. Ia adalah ilmuwan pertama yang menulis tentang alergi dan imunologi.
  5. Ibnu Haitan (965-1039)
    Ibnu Haitan banyak melakukan penelitian mengenai cahaya dan menginspirasi ilmuwan seperti Boger, Bacon, dan Kepler dalam menciptakan mikroskop serta teleskop.
  6. Avicenna (980-1037)
    Ibnu Sina adalah seorang filsuf besar yang dikenal dengan nama Avicenna. Ia banyak menulis karya di bidang filsafat dan kedokteran. Ia dianggap oleh banyak orang sebagai Bapak Kedokteran Modern.
  7. Galileo Galilei (1564-1642)
    Galileo Galilei adalah ahli astronomi dan matematika dari Italia yang dikenal sebagai Bapak Sains Modern. Ia menemukan hukum gerak pertama dan kedua, menyempurnakan teleskop dan berbagai pengamatan astronomi.
  8. Sir Isaac Newton (1642-1727)
    Ahli matematika dari Inggris ini adalah penemu teori grafitasi universal, yaitu bahwa semua benda dialam semesta disatukan oleh gaya gravitasi. Teori ini ia gunakan sebagai dasar teori hukum mekanika Newton.
  9. Edmon Halley (1656-1742)
    Selain terkenal karena berhasil menghitung orbit Komet Halley, astronomi Inggris ini juga menemukan lonceng selam, alat pertama yang memungkinkan penyelam berada dalam air dalam jangka waktu lama.
  10. Benjamin Franklin (1706-1790)
    Benjamin Franklin adalah pengarang, politikus, ilmuwan, diplomat, dan penemu dalam bidang kelistrikan. Ia menemukan konduktor listrik dan menjadi orang pertama yang menjelaskan bahwa listrik memiliki bentuk positif dan bentuk negatif. Ia juga menemukan penangkal petir, kacamata, odometer dan peralatan musik.
  11. James Watt (1736-1819)
    James Watt, insinyur asal Skotlandia, berhasil memperbaiki mesin uap temuan Thomas Newcomen menjadi lebihe efesien. Penemuan James Watt ini menjadi pemicu Revolusi Industri. Sebagai penghargaan, nama Watt dijadikan sebagai satuan daya.
  12. Alessandro Volta (1745-1827)
    Fisikawan Italia, Alessandro Volta menemukan baterai pertama. Satuan untuk mengukur perbedaan tegangan listrik, volt, adalah penghargaan baginya.
  13. Edward Jenner (1749-1823)
    Edward Jenner adalah dokter Inggris yang menemukan vaksin cacar sehingga ia sering disebut sebagai Bapak Imunologi. Vaksin ini telah menyelamatkan banyak nyawa.
  14. George Stephenson(1781-1848)
    George Stephenson adalah insinyur Inggris yang membangun jalur kereta api dan menyempurnakan lokomotif uap yang lebih efesien. Model yang dikembangkannya menjadi dasar lokomotif uap saat ini.
  15. Michael Faraday (1791-1867)
    Fisikawan Inggris, Michael Faraday, menemukan bahwa listrik dan magnet sangat berkaitan. Ia berhasil membuat generator listrik pertama.
  16. Samuel Morse (1791-1872)
    Samuel Morse adalah penemu telegraf listrik dan kode Morse yang dibuat untuk mengirimkan pesan melalui telegraf tersebut. Dua penemuannya ini memberi kontribusi besar dalam bidang komunikasi.
  17. Charles Darwin (1809-1882)
    Ilmuwan inggris ini menerbitkan teori revolusinya yang terkenal dalam buku On The Origin of Species pada tahun 1859. Teori ini menyatakan bahwa spesies yang hidup sekarang berasal dari spesies sebelumnya, dan evolusi terjadi melalui proses seleksi alam.
  18. Linus Yale Jr. (1821-1868)
    Pada tahun 1861, Linus Yale Jr. berhasil menyempurnakan kunci dengan membuat kunci bertabung putar dan kunci datar yang masih digunakan hingga sekarang. 
  19. Lois Pasteur (1822-1895)
    Ilmuwan Perancis ini adalah penemu pasteurisasi, yaitu pencegahan pembusukan makanan dengan cara dipanaskan. Selain itu, ia juga menemukan vaksin rabies.
  20. James Clerk Maxwell (1831-1879)
    James Clerk Maxwell adalah fisikawan asal Skotlandia. Ia menunjukan bahwa medan listrik dan medan magnet merambat dalam bentuk gelombang. Ia juga membuktikan bahwa cahaya adalah bentuk radiasi elektrotromagnetik. James Clerk Maxwell menunjukan bahwa pemanasan gasa dapat membuat atom-atom bergerak lebih cepat.
  21. Nikolaus Otto (1832-1891)
    Nikolaus Otto adalah penemu asal dari Negara Jerman yang telah menciptakan mesin empat tak dengan pembakaran internal pertama. Mesin ini membakar mesin langsung dari ruang piston secara sempurna.
  22. Georges Leclanche (1839-1882)
    George L adalah seorang insiyur asal negara Perancis, ia menemukan baterai listrik modern pertama berbahan sel kering pada tahun 1866 yang diberi nama sel Leclanche. Baterai ini adalah bentuk awal dari baterai sel kering yang kita gunakan sekarang.
  23. Wilhelm Rontgen (1845-1923)
    Pada tahun 1895, Wilhelm Rontgen menemukan sinar-X, adalah sebuah teknologi yang sangat bermanfaat dalam dunia kedokteran. Sinar-X ini dapat digunakan untuk melihat bagian dalam tubuh manusia dan mempermudah diagnosis masalah internal.
  24. Thomas Alva Edison (1847-1931)
    Thomas Alva Edison adalah salah satu penemu paling produktif. Penemuannya yang paling terkenal adalah lampu listrik. Ia juga menemukan gramofon pada tahun 1877, dan kamera film.
  25. Alexander Graham Bell ( 1847-1922)
    Alexaner Graham Bell adalah salah seorang ilmuwan penemu telepon pertama yakni pada tahun 1876. Telepon buatan Graham Bell mengubah bunyi suara menjadi sinyal listrik yang dapat dikirimkan melalui kawat. Cara kerja telepon masa kini sama dengan telepon bell.
  26. Marie Curie (1867-1934)Marie Curie dan duaminya menemukan elemen radioaktif radium, thorium, dan polonium pada tahun 1898, hingga memenangkan Penghargaan Nobel untuk bidang Fisika pada tahun 1903. Curie Juga mendapat Penghargaan Nobel dalam bidang kimia untuk penelitiannya atas radium dan radioaktifitas.
  27. Wright Bersaudara
    Orville Wright (1871-1948)  dan Wilbur Wright (1867-1912) adalah kakak beradik kebangsaan Amerika Seikat yang merancang dan membuat pesawat terbang. Pesawat ini merupakan pesawat pertama yang berhasil terbang dan bisa dikendalikan.
  28. Ernest Rutherford (1871-1937)
    Ernest Rutherford adalah ilmuwan asal Selandia baru. Ia dikenal sebagai Bapak Fisika Nuklir dan orang yang membelah atom, Ia membuktikan bahwa atom terbuat dari bagian yang lebih kecil. Di dalam atom ia menemukan adanya inti berukuran kecil yang disebut nukleus. 
  29. Albert Einstein (1879-1955)
    Albert Einsten adalah ahli Fisika yang mengemukakan teori realivitas. Rumus Albert Eisnten yang paling dikenal adalah E=mc2. Artinya massa dapat diubah menjadi energi, dengan syarat jumlah energinya sama dengan jumlah massa dikalikan kecepatan cahaya yang dikuadratkan.
  30. Charles F.Richter (1900-1985)
    Seismolog AS ini membuat sistem pengukur kekuatan gempa bumi pada tahun 1935. Skala Richter masih digunakan hingga kini sebagai pengukur standar kekuatan gempa.
  31. Alexander Flemming (1881-1955)
    Alexander Flemming adalah seorang ahli biologi Skotlandia yang menemukan penisilin, antibiotik pertama. Antibiotik adalah obat pembunuh bakteri. Saat ini antibiotik digunakan untuk mengobati berbagai penyakit.
  32. Clyde Tombaugh (1906-1997)
    Clyde Tombaugh dikenal sebagai penemu Pluto pada tahun 1930. Awalnya Pluto dianggap planet, tetapi pada tahun 2006, pluto dinyatakan sebagai planet kerdil. Ia juga penemu sejumlah asteroid.
  33. Alan Turing (1912-1954)
    Alan turing adalah ahli matematika dan komputer Inggris yang dianggap sebagai Bapak Ilmu Komputer. Ia pencipta mesin turing, sebuah model komputasi teoretis. Ia juga mendesain komputer elektronik untuk menembus kode pertahanan Jerman pada Perang Dunia Kedua.
  34. James Watson (lahir 1928) dan Prancis Crick (1916-2004).
    Pada tahun 1953, Watson dan Crick bekerja sama di Laboratorium Convendish untuk melakukan penelitian terhadap struktur DNA.Mereka menemukan bahwa struktur 3 dimensi DNA adalah heliks ganda.
  35. Sthepanie Kwolek (lahir 1923)
    Kwolek adalah penemu bahan kevlar yang lima kali lebih kuat dari pada baja serta tahan terhadap bahan kimia dan api. Sejak tahun 1960-an, kevlar digunakan untuk membuat baju antipeluru dan helm.
Itulah beberapa penemu dunia, yang harus kamu ketahui sebagai pengetahuan kita terhadap para penemu ini. Semoga bermanfaat.

4 Responses to " Penemu-penemu Dunia "

  1. wah penemu-penemu Islam hadir juga ya menghiasi dunia

    ReplyDelete
  2. listnya penemunya banyak juga, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali gan, makasih kunjungannya yah

      Delete

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis