Latest Updates

Cara Menentukan Sebuah Topik atau Tema Dalam Sebuah Cerita

Kadang kita dibingungkan oleh soal yang menanyakan tentang cara menentukan sebuah topik atau tema dalam cerita. Bagaimana Cara Menentukan Sebuah Topik atau tema dalam sebuah Cerita? Berikut ini penjelasnnya sesuai yang saya kutip dari laman Kang Guru tentang bagaimana cara untuk menentukan sebuah topik cerita.
Cara Menentukan Sebuah Topik atau Tema Dalam Cerita 

  1. TOPIK / TEMA (Pokok bahasan)
    Topik utama merupakan subject utama bacaan, tentang apa bacaan tersebut. Topik atau tema dalam sebuah teks atau paragraf adalah subject dari tulisan yang bisa berupa: inti isi tulisan (the text is about) atau judul tulisan (title). Sebuah paragraf yang baik hanya membahas satu subject. Subject ini biasanya disebut dengan istilah Topic Noun atau Pokok bahasan.
    Cara mencari / menemukan topik atau tema:Kita harus membaca baris pertama dan kedua jika hanya ada satu paragraf atau amati keseluruhan paragraf pertama jika ada lebih dari satu paragraf.
    Cari kata kunci yang paling sering diulang-ulang dalam bacaan baik pada awal baris tetapi juga di bagian-bagian selanjutnya, termasuk juga pada bagian kesimpulan.
    Jika pertanyaan tentang topik, maka jawabannya busa berupa SATU KATA atau BENTUK FRASE (kelompok kata). Topik atau tema dari sebuah paragraf adalah subject dari tulisan itu yg bisa berupa: inti isi tulisan (the text is about) atau judul teks (title).
    Cara cepat mencari topik atau tema (pokok bahasan) pada soal reading Baca dahulu baris pertama dan kedua paragraf, jika hanya ada satu paragraf.
    Temukan kata kunci (key word) yang selalu diulang-ulang baik pada bagian awal, tengah atau akhir, terutama bagian kesimpulan.
    Kata kunci (key word) ini dapat berupa sinonim atau kata yang sama artinya.
    Note: Jika teks tersebut memuat banyak paragraf, biasanya paragraf pertama merupakan pengantar dari teks tersebut, sedang topik (pokok bahasan) sangat mungkin terdapat pada paragraf kedua, dan ketiga.
    Contoh pertanyaan Topik:
    What is the main topic of this passage? (Apa topik utama bacaan ini?)
    The text is talking mainly about? (Teks ini sedang membicarakan apa?)
    What does the text tell about? (Teks ini menceritakan tentang apa?)
    What is the subject of the passage? (Apa pokok permasalahan teks ini?)
    The passage is about? (Teks ini mengenai… )
Demikian sedikit penjelasan tentang cara mencari / menemukan topik atau tema (poko bahasan) pada sebuah teks semoga bermanfaat.

0 Response to " Cara Menentukan Sebuah Topik atau Tema Dalam Sebuah Cerita "

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis