Latest Updates

GERAK SIMBOLIS

GERAK SIMBOLIS - Ada bermacam-macam gerakandalam tari. Ada gerakan yang meniru kegiatan sehari-hari, ada yang gemulai,patah--patah, ataupun dinamis. Gerakan-gerakan tari tersebut menjadi imbol-simbol akan apa yang ingin disampaikan oleh pencippta tari. Walaupun tidak semua gerakan menjadi simbol, namun sebuah tarian secara lengkap biasanya memiliki arti atau menjadi simbol akan hal tertentu.

  1. Gerak Maknawi
    Gerak maknawi/bermakna merupakan gerak yg mempunyai arti dan maksud ketika dilakukan. Biasanya orang yang melihat dapat menebak kegiatan apa yang sedang ditiru. Mengapa demikian? Ini karena gerakan -gerakan tersebut meniru kegiatan sehari-hari yang sering kita lihat atau kita lakukan sendiri.
    Gerak bermakna bisa diambil dari bermacam-macam kegiatan seperti mencangkul, menanam, menjala ikan, memanah, menenun, berdagang, atau berhias. Bisa juga menirukan gerak-gerik hewan seperti kupu-kupu, kelinci, burung, katak, kijang, monyet dan hewan lainnya. Jadi gerak bermakna merupakan simbol kegiatan manusia maupun tingkah laku hewan.
  2. Gerak Murni
    Gerak murni adalah gerak asli, gerak yang tidak memiliki arti atau makna. Biasanya gerak murni dibuat supaya ada unsur keindahan atau untuk melengkapi tarian.
    Contoh gerakan murni misalnya, gerakan berjalan. Supaya gerakannya indah, langkah berjalan dilakukan dengan kaki jinjit, posisi tangan kiri dibuka lebar, dan tangan kanan diletakan di depan dada. 
  3. Gerak Gemulai
    Gerakan yang dibawakan dengan lembut, mengalir, dan tidak purtus-putus disebut gerak gemulai. Gerakan-gerakan tari yang dibawakan penari wanita biasnya lemah gemulai. Gerak gemulai biasanya menjadi simbol kelembutan, keindahan, ataupun kehalusan tingkah laku.
  4. Gerakan Dinamis
    Gerakan yangdibawakan dengan tegas,bersemangat, lincah ataupun gagah disebut gerak dinamis. Gerak dinamis biasanya membutuhkan ruang yang cukup luas. Gerak ini juga memiliki tempo yang kadang cepat, kadang lambat. Gerakan-gerakan tari yang dibawakan penari pria biasanya dinamis. Begitu juga dengan sebagian tarian yang berasal dari gerakan hewan.
    Gerak dinamis biasanya menjadi simbol kegesitan, keperkasaan, kepahlawanan, kehebatan, bahkan kemenangan.
  5. Gerakan patah-patah
    Gerakan yang dibawakan dengan putus-putus disebut gerakan patah-patah. Gerakan seperti ini bisa dilihat pada Tari Tor-tor dari Sumatra Utara.

4 Responses to " GERAK SIMBOLIS "

  1. Gerak Maknawi sepertinya ada kesamaan dengan pantonim ya, gerakan bermakna bisa ditebak
    tari adalah paduan ragam gerak sehingga enak di lihat, kira-kira begitu menurut saya
    hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah ini Mba UMMi Hani sudah inter

      Delete
  2. Menari merupakan salah satu budaya di Indonesia dengan beragam gerakan yang indah yang berasal dari berbagai daerah.

    Seru kali ya, jika gerakan-gerakan tari dari seluruh Nusantara disatukan menjadi satu pertunjukkan. 5 jenis gerakan di atas bisa menyatu, ada gemulai, ada dinamis ada juga patah-patah :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kunjungannya mba Anjar Sundari, semoga materi ini bermanfaat bagi yg membutuhkan

      Delete

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis