Latest Updates

Syarat Wajib Shalat



Berikut yang harus diperhatikan dalam syarat wajibnya shalat:

  1. Islam: shalat diwajibkan terhadap orang muslim, baik laki-laki maupun perempuan, dan tidak diwajibkan bagi orang kafir atau non muslim. Orang kafir tidak dituntut untuk melaksanakan shalat. Namun mereka tetap menerima hukuman di akhirat. Allah swt berfirman yang artinya: " Katakanlah kepada orang-orang yang kafir, jika mereka berhenti (dari kekafirannya), niscaya Allah akan mengampuni mereka tentang dosa-dosa mereka yang sudah lalu dan jika mereka kembali lagi, sesungguhnya akan berlaku (kepada mereka) sunnah (allah terhadap) orang-orang dahulu." (QS.Al-Anfal, 8: 38)
  2. Baligh: Anak-anak kecil tidak diwajibkan shalat, berdasarkan sabda Nabi saw yang artinya:
    "Dari Ali r.a, bahwa Nabi saw bersabda"Dangkatkan pena (tidak ditulis dosa) dalam tiga perkara:orang gila yang akalnya tidak berperan sampai dia sembuh, orang tidur sampai dia bangun, dan anak-anak sampai dia baligh." (Hr.Abu Dawud dan Ahmad)
    Walaupun anak-anak tidak diwajibkan shalat, namun mereka tetap disuruh dalam rangka untuk membiasakan apabila dia sudah baligh. Semenjak umur 7 tahun, anak-anak sudah disuruh shalat dan boleh dipukul dengan tidak membahayakan apabila usianya sudah 10 tahun masih enggan melaksanakannya. 
  3. Berakal: orang gila, orang kurang akal, dan sejenisnya, seperti penyakit sawan (ayan) yang sedang kambuh tidak diwajibkan shalat karena akal merupakan prinsip dalam menetapkan kewajiban, demikian menurut pendapat jumhur ulama.

2 Responses to " Syarat Wajib Shalat "

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis