Latest Updates

Tips Berpuasa Bagi Penderita Diabetes

Penyakit Diabetes merupakan jenis penyakit berbahaya, akan tetapi jika kita mau berusaha untuk sembuh, sudah banyak orang yang sembuh karena kemauan yang keras.
Berbicara mengenai seseorang yang sedang sakit dan menjalankan puasa, bagaimana cara agar seseorang yang sedang sakit diabetes tetap sehat selama puasa Ramadan? Dikutip dari laman emirates247.com, penderita diabetes tetap wajib menjalankan ibadah puasa meski ia sedang sakit. Hanya saja, sebelum benar-benar memutuskan untuk melakukan puasa, ia sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter. 

Para peneliti serta ahli kesehatan yang ada di College London Diabetes Centre menyarankan agar setiap penderita diabetes siap menjalankan perubahan pola hidup di bulan Ramadan yang mungkin akan sangat berbeda dengan pola hidup sebelumnya. Saat menjalankan ibadah puasa, setiap penderita diabetes juga harus memperhatikan betul-betul setiap asupan nutrisi yang ia konsumsi. 

Agar saat berpuasa tubuh tetap sehat dan diabetes yang diderita tidak semakin parah, para ahli menyarankan agar saat berbuka dan sahur para penderita puasa memperbanyak konsumsi makanan yang non-tepung. Makanan ini bisa sayuran dan buah-buahan seperti halnya bayam, wortel, selada hijau, kubis, brokoli, kembang kol juga tomat. Jangan lupa pula untuk konsumsi makanan berupa biji-bijian, ubi jalar, sereal kaya serat, sereal gandum, daging tanpa lemak, telur, ikan dan susu juga yogurt. 

Selama berpuasa, sangat dianjurkan untuk menghindari konsumsi gula buatan. Kalau pun memang ingin konsumsi makanan yang manis, penderita diabetes bisa menggantinya dengan konsumsi buah dan sayur yang manis. Tapi ingat, konsumsi buah dan sayur yang mengandung glukosa ini juga tidak boleh berlebihan. Selain itu, untuk menjaga cairan dalam tubuh selalu maksimal, usahakan untuk konsumsi air putih sebanyak mungkin saat buka puasa hingga sahur. 

Itulah tips sehat bagi penderita diabetes saat menjalankan ibadah puasa. Agar tubuh semakin sehat, meski sedang berpuasa jangan lupakan untuk melakukan olahraga dan istirahat cukup. Hindari segala hal yang mengandung glukosa dan lemak berlebih. Semoga, informasi ini bermanfaat.
Sumber: vemale.com

3 Responses to " Tips Berpuasa Bagi Penderita Diabetes "

  1. Terima kasih tipsnya Mas...
    Berguna banget buat emak saya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emaknya punya penyakit diabetes kang ? cepet sembuh ya :)

      Delete
  2. Boleh gak kalau mengkonsumsi kolak pisang mas ?

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis