Latest Updates

Mengapa Kita Dilarang Melihat Gerhana Matahari Langsung Tanpa Kacamata?

Zaman dulu para orang tua kita melarang  melihat langsung gerhana Matahari atau bulan yang sedang terjadi terjadi, kenapa demikian yah! Jadi penasaran nih! Yuk kita simak penjelasan berikut ini mengenai info gerhana tanggal 9 Maret 2016.

Gerhana matahari total diprediksi akan terjadi pada 9 Maret mendatang di Indonesia. Menurut para ahli, ada baiknya untuk masyakarat memakai kacamata pelindung saat melihat gerhana matahari total itu. 
Menurut Ketua LAPAN, Thomas Djamaluddin, kacamata pelindung berguna untuk meredupkan sinar matahari hingga 100 ribu kali. Kacamata sebaiknya digunakan saat fase sebagian, di saat bulan belum sepenuhnya menutup matahari. "Kacamata digunakan saat fase sebagian, walaupun sudah pakai kacamata sebaiknya jangan terlalu lama menatap gerhana," kata Thomas dilansir Okezone, Senin, 29 Februari. 

Setelah bulan menutup matahari dengan sempurna, barulah kacamata bisa dilepas. Hal ini dikarenakan masyarakat dapat melihat keindahan korona (bagian paling luar dari atmosfer matahari) saat fase sempurna. 

"Ketika sudah menutupi bulan, kacamata bisa dilepas agar kita bisa melihat korona. Bagian ini tidak akan terlihat saat hari biasa," pungkasnya. 

Sekitar 11 provinsi di Indonesia akan dilintasi oleh gerhana matahari total. Ke-11 provinsi yang beruntung tersebut adalah Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara. Paling beruntung adalah kota Palu yang akan menjadi titik terbaik untuk menyaksikan fenomena tersebut.

Sementara daerah lain di Indonesia juga bisa menyaksikan namun penampakan gerhana matahari sebagian. Daerah itu antara lain adalah Jakarta, Surabaya, Padang, Bandung, Pontianak, Denpasar, Banjarmasin, Makasar, Kupang, Manado dan Ambon. 

Fenomena langka tersebut akan menjadi magnet tersendiri yang akan membawa wisatawan asing ke Indonesia. Pasalnya perusahaan seperti Wildland Adventures yang bermarkas di Seattle, Amerika Serikat, berharap bisa membawa turis peminat astronomi (astro-tourist) ke kota Palu.
Sumber: wowkeren.com

6 Responses to " Mengapa Kita Dilarang Melihat Gerhana Matahari Langsung Tanpa Kacamata? "

  1. OH,,.... JADI BAIKNYA PAKAI KACA MATA HITAM YA GAN B=IAR AMAN

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gan, perlu waspada tdk ada salahnya

      Delete
  2. sayngnya ga lewat kampung saya di pontianak, paling dapat tempiasnya doang

    ReplyDelete
    Replies
    1. SAMA GAN, DI KAMPUNG ANE JUGA GA LEWAT

      Delete
  3. kira-kira tanggal 9 maret itu jam berapa kejadiannya mas, biar lebih menyiapkan diri mas :)

    ReplyDelete
  4. ooo jadi begitu y jadi ngerti deh mantap

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis