Sunday, January 3, 2016

Ikhtisar dan Tanggapan

Memadukan Ikhtisar dengan Tanggapan.Kualitas resensi ditentukan oleh perpaduan antara ikhtisar dan tanggapan penulis resensi sisi positif (kelebihan) maupun sisi negatif (kekurangan) isi sebuah buku. Kmu pun bisa menjadi peresensi bila terbiasa membuat ringkasan buku dan mengomentarinya. Coba kamu perhatikan perpaduan ikhtisar dan tanggapan berikut ini.
Dalam perpuisian Indonesia modern, dikelompokan menjadi citra lingkungan hidup yang seimbag dan lingkungan yang tidak seimbang, rusak atau tercemar (hal 69). Bila penyair mengungkapkan sanjungan pada alammenandakan citra yang dibangun adalah citra seimbang. Sebaiknya jika puisi-puisi itu tampak merana, meratap sebagai ekspresi keprihatinan, tentu saja citra yang ditonjolkan adalah citra tidak seimbang.
Wujud Ikhtisar:
"Perpuisian Indonesia modern dikelompokan menjadi citra lingkungan hidup yang seimbang dan lingkungan yang tidak seimbang, rusak atau tercemar".
Wujud Tanggapan:
"Penyair mengungkapkan sanjungan pada alam menandakan citra yang dibangun adalah citra seimbang.  Jika puisi-puisi itu tampak merana, meratap sebagai ekspresi keprihatinan, tentu saja citra yang ditonjolkan adalah citra tidak seimbang".


No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.