Thursday, December 5, 2013

Penyebab Stres Pada Anak-anak


Kejadian-kejadian penyebab stres pada anak-anak merupakan bagian pada masa kanak-kanak. Penyakit, frustasi dan ketidakhadiran orang tua di rumah merupakan penyebab umum stres bagi anak-anak. Demikian pula apabila terjadi perceraian, ditinggal mati orang tuanya, kemiskinan dapat mempengaruhi kehidupan anak. Keamanan yang sering kali terganggu, kejadian pelanggaran seperti penculikan, tawuran dan lain-lain memberikan kesan pada anak-anak bahwa keadaan disekitarnya terasa tidak aman sebagaimana dia bayangkan waktu mendapat perlindungan dari orang tuanya. Kesadaran anak terhadap hal-hal tersebut dapat berpengaruh sebentar atau bahkan lama dalam kehidupannya.

Kadang-kadang karena adanya siksaan jasmani dan psikologi orang-orang tua juga merupakan sumber utama stres pada anak-anak. Disamping itu keadaan masyarakat yang  memaksa anak-anak segera tumbuh dengan cepat dan mengharuskan anak membantu pekerjaan orang tua dapat juga menjadi sumber stres. Sekalipun demikian terdapat anak-anak yang dapat mengatasi sendiri stres yang mereka alami dalam hidupnya.
Dewasa ini anak-anak punya cara sendiri mengatasi berbagai tekanan dalam hidupnya. Hal ini dikarenakan orang tua sering kali pindah tempat karena pekerjaanya, sehingga anak-anak juga sering pindah sekolah dan mendapatkan teman baru, dengan demikian mereka hidup seperti orang dewasa.
David Elkin ahli ilmu jiwa anak menyebut anak-anak sekarang sebagai "anak sibuk" (hurried child;1981). David berpendapat bahwa dengan adanya tekanan hidup dewasa ini menyebabkan anak lebih tumbuh cepat dan lekas menderita stres dalam waktu singkat. Ana-anak dewasa menderita stres karena harus berhasil dalam pendidikannya, bersaing dalam aktivitas olahraga, dan memenuhi berbagai kebutuhan  emosional orang tuanya. Dari tayangan TV dan berbagai masalah kehidupan orang dewasa, anak-anak dihadapkan pada berbagai persoalan yang seharusnya dialami oleh orang dewasa, sehingga harus dapat menguasai masalah tersebut sejak masa kanak-kanak. Pada masa anak-anak, memerlukan perkembangan yang sehat bagi anak-anak sebagaimana seharusnya.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.