Contoh 1:
Judul PTK: Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model
Pembelajaran…di Kelas…SMP… Tahun Pelajaran….
• Rumusan Masalah:
1. Apakah melalui penerapan model pembelajaran… dapat
meningkatkan hasil belajar matematika di kelas…SMP… tahun pelajaran…?
2. Seberapa besar peningkatan hasil belajar matematika yang
terjadi, setelah diterapkan model pembelajaran… di kelas…SMP… tahun pelajaran…?
• Tujuan Penelitian:
1. Untuk mengetahui dapat atau tidaknya penerapan model
pembelajaran… , untuk meningkatkan hasil belajar matematika di kelas…SMP… tahun
pelajaran….
2. Untuk mendeskrepsikan besar peningkatan hasil belajar
matematika yang terjadi, setelah diterapkannya model pembelajaran… di
kelas…SMP… tahun pelajaran….
Hipotesis
Tindakan: Apabila diterapkan model
pembelajaran… , maka akan terjadi peningkatan hasil belajar matematika di
kelas…SMP… tahun pelajaran….
Indikator
Kinerja: Yang menjadi indikator bahwa
tindakan ini dikatakan telah dapat meningkatkan hasil belajar matematika di
kelas … tahun pelajaran…, apabila besar peningkatan hasil belajar siswa minimal
sebesar … atau …%.
• Kesimpulan:
Berdasarkan hasil penelitian dan
pembahasan pada Bab IV, dapat disimpulkan bahwa:
1.Melalui penerapan model
pembelajaran… , dapat meningkatkan hasil belajar matematika di kelas…SMP… tahun
pelajaran….
2.Besar peningkatan hasil belajar
matematika yang terjadi, setelah diterapkannya model pembelajaran… di
kelas…SMP… tahun pelajaran…., adalah sebagai berikut:
a.Pada siklus I sebesar … atau … %.
b.Pada siklus II sebesar … atau … %.
c.Pada siklus III sebesar …atau … %.
•Saran:
Berdasarkan kesimpulan hasil
penelitian di atas, penulis menyarankan agar kiranya:
1.Para guru matematika pada khususnya
dapat mencoba menerapkan model
pembelajaran… untuk meningkatkan hasil belajar siswa atau untuk mengatasi
berbagai permasalahan pembelajaran yang terjadi di kelasnya.
2.Para kepala sekolah dapat mendorong
agar para guru dapat melakukan penelitian yang sejenis untuk meningkatkan hasil
belajar siswa atau untuk mengatasi berbagai permasalahan pembelajaran yang
terjadi di kelasnya.
2.
Contoh 2:
• Judul PTK: Efektivitas
Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran…di Kelas…SMP…
Tahun Pelajaran….
• Rumusan Masalah:
1. Apakah melalui penerapan model
pembelajaran… dapat mengefektifan pembelajaran matematika di kelas…SMP… tahun
pelajaran…?
2. Bagaimana efektivitas pembelajaran
matematika yang terjadi, setelah diterapkan model pembelajaran… di kelas…SMP…
tahun pelajaran…?
• Tujuan Penelitian:
1.Untuk mengetahui dapat atau tidaknya
penerapan model pembelajaran… , untuk mengefektifkan pembelajaran matematika di
kelas…SMP… tahun pelajaran….
2. Untuk mendeskrepsikan efektivitas
pembelajaran matematika yang terjadi, setelah diterapkannya model pembelajaran…
di kelas…SMP… tahun pelajaran….
Hipotesis
Tindakan: Apabila diterapkan model
pembelajaran… , maka pembelajaran matematika di kelas…SMP… tahun pelajaran…
akan efektif.
Indikator Kinerja: Yang menjadi indikator bahwa penerapan model pembelajaran…
ini dikatakan telah dapat mengefektifkan pembelajaran matematika di kelas …
tahun pelajaran…, apabila:
a. Rata – rata hasil belajar siswa minimal sebesar …
b. Rata – rata kemampuan guru mengelola pembelajaran minimal sebesar….
c. Rata – rata aktivitas siswa yang termasuk kegiatan belajar aktif selama mengikuti proses pembelajaran
a. Rata – rata hasil belajar siswa minimal sebesar …
b. Rata – rata kemampuan guru mengelola pembelajaran minimal sebesar….
c. Rata – rata aktivitas siswa yang termasuk kegiatan belajar aktif selama mengikuti proses pembelajaran
minimal
sebesar…..
• Kesimpulan: Berdasarkan
hasil penelitian dan pembahasan pada Bab IV, dapat disimpulkan bahwa:
1.Melalui penerapan model
pembelajaran… , dapat mengefektifkan pembelajaran matematika di kelas…SMP…
tahun pelajaran….
2.Efektivitas pembelajaran matematika
yang terjadi, setelah diterapkannya model pembelajaran… di kelas…SMP… tahun
pelajaran…., adalah sebagai berikut:
a.Pada siklus I: rata-rata hasil
belajar siswa sebesar …, rata-rata kemampuan guru mengelola pembelajaran
sebesar…, dan rata-rata aktivitas siswa yang termasuk KBA selama mengikuti
pembelajaran sebesar ….
b.Pada siklus II: rata-rata hasil
belajar siswa sebesar …, rata-rata kemampuan guru mengelola pembelajaran
sebesar…, dan rata-rata aktivitas siswa yang termasuk KBA selama mengikuti
pembelajaran sebesar ….
c.Pada siklus III: rata-rata hasil
belajar siswa sebesar …, rata-rata kemampuan guru mengelola pembelajaran
sebesar…, dan rata-rata aktivitas siswa yang termasuk KBA selama mengikuti
pembelajaran sebesar …
•Saran: Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian di atas, penulis
menyarankan agar kiranya:
1.Para guru matematika pada khususnya
dapat mencoba menerapkan model
pembelajaran… untuk mengefektifkan pembelajaran yang diampu di kelasnya.
2.Para kepala sekolah dapat mendorong
para guru agar dapat melakukan penelitian yang sejenis untuk mengefektifkan
pembelajaran atau untuk mengatasi berbagai permasalahan pembelajaran yang
terjadi di kelasnya.
3. Contoh 3:
• Judul PTK: Meminimalkan Kesalahan Konsep Matematika Melalui Penerapan
Model Pembelajaran…di Kelas…SMP… Tahun Pelajaran….
• Rumusan
Masalah:
1. Apakah melalui penerapan model
pembelajaran… dapat meminimalkan kesalahan konsep matematika di kelas…SMP…
tahun pelajaran…?
2. Seberapa besar pengurangan kesalahan
konsep matematika yang terjadi, setelah diterapkan model pembelajaran… di
kelas…SMP… tahun pelajaran…?
• Tujuan
Penelitian:
1. Untuk mengetahui dapat atau tidaknya
penerapan model pembelajaran… , untuk memiinimalkan kesalahan konsep matematika
di kelas…SMP… tahun pelajaran….
2. Untuk mendeskrepsikan besar
pengurangan kesalahan konsep matematika yang terjadi, setelah diterapkannya
model pembelajaran… di kelas…SMP… tahun pelajaran….
Hipotesis
Tindakan: Apabila diterapkan model
pembelajaran… , maka kesalahan konsep matematika di kelas…SMP… tahun pelajaran…
dapat diminimalkan.
Indikator
Kinerja: Yang menjadi indikator bahwa
penerapan model pembelajaran… ini dikatakan dapat meminimalkan kesalahan konsep
matematika di kelas … tahun pelajaran…, apabila besar pengurangan kesalahan konsep yang terjadi minimal sebesar
….
• Kesimpulan:
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan
pada Bab IV, dapat disimpulkan bahwa:
1. Melalui penerapan model
pembelajaran… , dapat meminimalkan kesalahan konsep matematika di kelas…SMP…
tahun pelajaran….
2.Besar pengurangan konsep matematika
yang terjadi, setelah diterapkannya model pembelajaran… di kelas…SMP… tahun
pelajaran…., adalah sebagai berikut:
Pada siklus I sebesar …., Pada siklus
II sebesar …, dan Pada siklus III sebesar ….
• Saran:
Berdasarkan kesimpulan hasil
penelitian di atas, penulis menyarankan agar kiranya:
1.
Para guru matematika pada khususnya
dapat mencoba menerapkan model
pembelajaran… untuk meminimalkan kesalahan konsep matematika atau untuk
mengatasi berbagai permasalahan pembelajaran matematika yang terjadi di kelasnya.
2.
Para kepala sekolah dapat mendorong
agar para guru dapat melakukan penelitian yang sejenis untuk meminimalkan
kesalahan konsep yang terjadi atau untuk mengatasi berbagai permasalahan
pembelajaran yang terjadi di kelasnya.
4. Contoh 4:
Judul PTK: Meminingkatkan Kemampuan Siswa Dalam Memecahkan Masalah
Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran…di Kelas…SMP… Tahun Pelajaran….
• Rumusan
Masalah:
1.
Apakah melalui penerapan model
pembelajaran… dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah
matematika di kelas…SMP… tahun pelajaran…?
2.
Seberapa besar peningkatan kemampuan
siswa dalam memecahkan masalah matematika yang terjadi, setelah diterapkan
model pembelajaran… di kelas…SMP… tahun pelajaran…?
• Tujuan
Penelitian:
1.
Untuk mengetahui dapat atau tidaknya
penerapan model pembelajaran… , untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam
memecahkan masalah matematika di kelas…SMP… tahun pelajaran….
2.
Untuk mendeskrepsikan besar
peningkatan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika yang terjadi,
setelah diterapkannya model pembelajaran… di kelas…SMP… tahun pelajaran….
Hipotesis
Tindakan: Apabila diterapkan model
pembelajaran… , maka kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika di
kelas…SMP… tahun pelajaran… akan meningkat.
Indikator
Kinerja: Yang menjadi indikator bahwa
penerapan model pembelajaran… ini dikatakan dapat meningkatkan kemampuan siswa
dalam memecahkan masalah matematika di kelas … tahun pelajaran…, apabila besar
peningkatan kemampuan siswa yang terjadi
minimal sebesar ….
• Kesimpulan:
Berdasarkan hasil penelitian dan
pembahasan pada Bab IV, dapat disimpulkan bahwa:
1.
Melalui penerapan model
pembelajaran… , meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah
matematika di kelas … tahun pelajaran…
2.
Besar peningkatan kemampuan siswa
memecahkan masalah matematika yang terjadi, setelah diterapkannya model
pembelajaran… di kelas…SMP… tahun pelajaran…., adalah sebagai berikut:
Pada siklus I sebesar …., Pada siklus
II sebesar …, dan Pada siklus III sebesar ….
• Saran:
Berdasarkan kesimpulan hasil
penelitian di atas, penulis menyarankan agar kiranya:
1.
Para guru matematika pada khususnya
dapat mencoba menerapkan model
pembelajaran… untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah
matematika atau untuk mengatasi berbagai permasalahan pembelajaran matematika
yang terjadi di kelasnya.
2. Para kepala sekolah dapat mendorong agar para
guru dapat melakukan penelitian yang sejenis untuk meningkatkan kemampuan siswa
dalam memecahkan masalah atau untuk
mengatasi berbagai permasalahan pembelajaran yang terjadi di kelasnya.
No comments:
Post a Comment
Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.