Pengertian PTK
Penelitian Tindakan
kelas adala penelitian tindakan (action
research) yang dilakukan dengan
tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelas.
Suharsismi (2002)
menjelaskan PTK melalui paparan gabungan definisi dari 3 kata, Penelitia +
Tindakan + Kelas, Yaitu :
1.
Penelitian
adalah kegiatan mencermati suatu
objek, menggunakan aturan metodologi tertentu untuk memperoleh data atau
informasi yang bermanfaat untuk meningkatkan mutu suatu hal yang menarik minat
dan penting bagi peneliti.
2.
Tindakan adalah sesuatu gerak kegiatan yang sengaja
dilakukan dengan tujuan tertentu, yang dalam penelitian terbentuk rangkaian
siklus kegiatan.
3.
Kelas adalah sekelompok siswa yang dalam waktu sama
menerima pelajaran yang sama dari seorang guru.
Komponen Komponen dalam sebuah kelas yang
dapat diuji melalui PTK adalah :
1.
Siswa
2.
Guru
3.
Materi pelajaran
4.
Peralatan atau
sarana dan prasarana
5.
Hasil
pembelajaran
6.
Lingkungan
\pengelolaan
Siklus dalam PTK menurut Kurt Lewin adalah :
1.
Planing
(Perencanaan)
2.
Acting
3.
Observasing
4.
Reflection
Permasalahan-permasalahan dalam PTK :
1.
Masalah-masalah
belajar di sekolah
2.
Pengembangan
profesionalisme guru dalam peningkatan mutu perancangan, pelaksanaan, dan
evaluasi program pengajaran
3.
Pengelolaan dan
pengendalian
4.
Desain dan
strategi pembelajaran di kelas
5.
Penanaman dan
pengembangan sikap serta nilai-nilai
6.
Alat bantu,
media dan sumber belajar
7.
Sistem asesmen
dan evaluasi proses dan hasil pembelajaran
8.
Masalah
kurikulum.
Instrumen dan
teknik pengumpulan data dalam PTK :
1.
Intrument Tes
a.
Tes kemampuan (TPA,Tes
IQ & Bakat)
b.
Tes hasil
belajar (Kognitif)
2.
Intrumen Non tes
a.
Angket (Data
Faktual)
b.
Skala (Data
Aspek Psikologi/Konsep)
c.
Pedoman
Wawancara (Data tentang uraian/penjelasan sesuatu)
d.
Pedoman
observasi (Mencatat data kualitatif objek fisik)
e.
Dokumen
Tolak ukur
keberhasilan Siklus
Beberapa variabel yang
dapat dijadikan sebagai indikator / tolak ukur/kriteria keberhasilan atau
efektifitas sesuatu siklus adalah sebagai berikut :
1.
Hasil belajar
2.
Tingkat
kedisiplinan
3.
Tingkat
keaktifan siswa
4.
Sikap ilmiah
5.
Kemampuan kerjasama
siswa
6.
Proses
pembelajaran di Kelas
7.
Ketrampilan
mengajar.
Mengapa PTK
Disarankan?
PTK diharapkan
dilakukan guru dalam upaya menulis KTI (Karya Tulis Ilmiah) karena :
1.
KTI merupakan
laporan dari kegiatan nyata yang dilakukan para guru dikelasnya
2.
Dengan melakukan
KTI, berarti guru telah melakukan salah satu tugasnya dalam kegiatan
pengembangan profesionalnya.
Laporan dari penelitian
yang apabila dilakukan dengan baik dan
benar akan mendapat penghargaan berupa angka kredit.
Tujuan PTK:
1.
Meningkatkan
mutu isi, masukan, proses serta hasil pendidikan dan pembelajaran di Sekolah.
2.
Membantu guru
dan tenaga kependidikan lainnya mengatasi masalah pembelajaran dan pendidikan
di dalam dan diluar kelas
3.
Meningkatkan
sikap profesional pendidik dan tenaga kependidikan
4.
Menumbuhkembangkan
budaya akademik di lingkungan sekolah sehingga tercipta sikap proaktif didalam
melakukan perbaikan mutu pendidikan dan pembelajaran secara berkelanjutan (Sustaiable).
Isi Laporan Akhir Hasil
dari Sebuah PTK :
·
Lembar judul
penelitian
·
Lembar identitas
dan pengesahan
·
Abstrak
·
Daftar isi
·
Daftar gambar
·
Daftar lampiran
·
Pendahuluan
·
Kajian pustaka
·
Pelaksanaan
penelitian
·
Hasil penelitian
dan pembahasan
·
Kesimpulan dan
Saran
·
Daftar pustaka
·
Lampiran-lampiran.
Demikian catatan
mengenai Penelitian Tindakan Kelas semoga bermanfaat bagi para pembaca.
Penulis
Guru Honorer SDN Pws 04
No comments:
Post a Comment
Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.