Saturday, June 29, 2024

Kesimpulan dan penjelasan mengenai pemikiran-pemikiran Ki Hadjar Dewantara


Menurut Tokoh endidikan kita yaitu Ki Hajar Dewantara, Pendidikan dan Pengajaran adalah suatu hal yang tak dapat dipisahkan. Pengajaran merupakan bagian proses pendidikan, dan Pendidikan merupakan sebuah tuntunan dalam kehidupan, maksudnya menuntun segala kodrat yang ada pada anak untuk mencapai keselaran dan kebahagiaan yang setingi-tingginya.

Terdapat beberapa point penting dari pemikiran Ki Hajar Dewantara terkait pendidikan, yaitu :

Menuntun. Menuntun tumbuh kembangnya anak-anak agar mereka mecapai keselamatan,  dan kebahagiaan baik sebagai manusia maupun sebagai masyarakat.

Berorientasi pada anak. Pendidikan yang berpusat kepada anak didik, guru sebagai fasilitator, sebagai pamong, sehingga tercipta pembelajaran yang aktif dan bermakna.

Menyesuaikan kodrat alam dan kodrat zaman. Menurut KHD pengajaran harus disesuaikan dengan hidup dan kehidupan rakyat serta pentingnya asas menurut keadaan, dalam arti segala alat, usaha, dan cara pendidikan harus disesuiakan dengan kodrat keadaannya, baik lingkungan alamnya maupun keadaan/ kondisi zamannya.

Pembentukan Budi Pekerti. Menurut KHD budi pekerti, watak, atau karakter merupakan perpaduan cipta, karsa, dan karya ( kognitif, afektif, dan psikomotik). Pendidikan diharapkan tidak hanya untuk mencerdasakan intelektual tetapi juga mencerdaskan secara emosional dan spiritual, cerdas pemikiran dan baik kepribadian.

Bermain. Menyajikan pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik.

Kemerdekaan. Memberikan kesempatan pada anak-anak didik berkembang sesuai minta dan bakatnya, namun tetap dibina diarah sesuai kebutuhan dan karakater peserta didik.

Refleksi

Sebelumnya saya befikir bahwa penbelajaran dengan uraian-uraian.penjelasan, paparan dari guru akan menambah pengetahuan mereka semakin luas, sehingga saya sering memberikan paparan kepada anak didik, tanpa menelisik lebih jauh karakter dan kesukaan mereka dalam sistem pembelajaran, bahkan pernah saya temui ada anak yang akhirnya tertidur mendengan paparan saya yang cukup panjang lebar. Strategi-startegi dan model-model pembelajaran yang menyenangkan bagi anak jarang saya praktekkan.

Setelah mempelajari modul 1.1 PGP tentang pemikiran-pemikiran KHD, banyak hal yang dapat saya pelajari, bahwa dalam memberikan pengajaran harus mempertimbangkan karakter dan kebutuhan anak-anak. Apalagi anak sekolah dasar yang pada kodratnya masih dunia bermain, sehingga seyogyanya pelajaranpun disajikan dengan cara yang menyenangkan.

Dan yang akan terus akan saya perbaiki dan lakukan adalah dengan menerapkan pemikiran-pemikiran KHD dengan asas kemerdekaan belajar, memberikan kesempatan pada diri setiap anak untuk mengeskplor diri mereka, berkembang sesuai karakter, minat dan bakat mereka, dan terpenting juga menuntun mereka untuk mencapai mimpi dan cita-cita mereka.

Oleh : Bahrudin,S.Pd.SD

CGP Angkatan 11 Cilacap.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.