Bagi sebuah lembaga non formal seperti madrasah diniyah dan TPQ sudah seharusnya saat ini mendapat perhatian dari pemerintah, karena tugas para ustad ini juga sama yakni membentuk Sumber daya Manusia yang berakhlakul karimah. Justru ini sangat penting melihat perkembangan jaman yang begitu pesat, perlu adanya SDM yang beriman sehingga bagus untuk perkembangan zaman. Bagi para Lembaga Madin dan TPQ yang sedang mencari sebuah proposal Madin dan Proposal TPQ berikut ini saya lampirkan contoh Proposal Madin dan TPQ, semoga bermanfaat.
YAYASAN PENDIDIKAN
MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH
“AL-IKHSAN PUDAKSARI”
PURWASARI-WANAREJA-CILACAP
Nomor :
013/MDT.AI/VIII/2018 Purwasari,31
Agustus 2018
Lampiran : 1 bendel
Hal : Bantuan Operasional
Pendidikan
Kepada
Yth
: Kepala Kantor Kementrian Agma Kab.Cilacap
Di
tempat.
Assalamu’alaikum
Wr.Wb
Segala puji bagi Allah yang telah
melimpahkan rahmat, taufik dan hidayah-Nya kepada kita semua. Shalawat serta
salam semoga tetap tercurahkan kepada nabi Muhammad SAW yang telah membawa
umatnya dari zaman kegelapan hingga ke zaman terang benderang ini.
Madrasah
Diniyah Takmiliyah merupakan lembaga yang berjuang demi kemaslahatan umat Islam
selalu berusaha untuk meningkatkan mutu dan lualitas pendidikan demi
terciptanya Sumber daya manusia yang berahlakul karimah, soleh dan Qur’ani.
Sehubungan dengan keterbatasan kemampuan
kami dalam hal biaya operasional Madin, dengan ini kami bermaksud
mengajukan permohonan Bantuan
Operasional Pendidikan bagi Madin kami. Adapum proposal dan rinciannya
sebagaimana terlampir.
Demikian permohonan ini kami buat,
dengan harapan semoga dapat dikabulkan. Tas perhatian dan terkabulnya
permohonan ini kami haturkan banyak terimakasih. Jazakumulloh akhsanal jaza.
Wassalamu’alaikum
Wr.Wb
Ketua
Yayasan Kepala Madin
EKO
NUGROHO M.ALI
MUSTOFA
Mengetahui Mengetahui
Kepala
KUA Kepala
Desa Purwasari
Kecamatan
Wanareja
................................. A.YUNAL AMANI
YAYASAN PENDIDIKAN
MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH
“AL-IKHSAN PUDAKSARI”
PURWASARI-WANAREJA-CILACAP
PROPOSAL
BANTUAN
OPERASIONAL PENDIDIKAN
MADIN AL-IKHSAN
PUDAKSARI-PURWASARI
KEC.WANAREJA
1. MUQODIMAH
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT. Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan kepada Nbi Muhammad SAW dan semoga kita selalu mendapat syafaatnya di yaumil akhiroh. Amin.
Di dalam Al-qur’an ada dua perintah memakmurkan. Pertama perintah memakmurkan tempat peribadatan/Madrasah (At-taubat ayat 18) dan yang kedua adalah memakmurkan bumi ini (Hud : 61). Dengan demikian jelaslah bahwa memakmurkan tempat peribadatan atau madrasah dan bumi harus saling berhubungan dan tidak terpisahkan. Memakmurkan tempat ibadah / madrasah haruslah menjadi pangkalan hati umat Islam untuk memakmurkan bumi bagi kemaslahatan dan kerahmatan segenap umat manusia dan seluruh alam semesta. Kesalihan sosial adalah kesalihan yang dampak dan buahnya dirasakan secara nyata oleh sesama manusia dan mahluk lainnya.
Dengan demikian, fungsi dari sarana peribadatan / madrasah seharusnya dikembalikan seperti contohnya Rosulullah SAW, bahwa tempat peribadatan bukan hanya tempat ibadah (Masjid) tetapi juga pusat peradaban untuk kemaslahatan dan kemartabatan umat secara menyeluruh, sehingga tercapailah kebahagiaan dunia dan akherat secara seimbang.
Mengingat pentingnya fungsi madrasah (Madin) sebagai tempat penggalian ilmu dan penanaman perilaku baik maka diperlukan alokasi dana yang cukup memadai untuk menjaga eksistensi lembaga tersebut dimasa-masa mendatang.
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT. Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan kepada Nbi Muhammad SAW dan semoga kita selalu mendapat syafaatnya di yaumil akhiroh. Amin.
Di dalam Al-qur’an ada dua perintah memakmurkan. Pertama perintah memakmurkan tempat peribadatan/Madrasah (At-taubat ayat 18) dan yang kedua adalah memakmurkan bumi ini (Hud : 61). Dengan demikian jelaslah bahwa memakmurkan tempat peribadatan atau madrasah dan bumi harus saling berhubungan dan tidak terpisahkan. Memakmurkan tempat ibadah / madrasah haruslah menjadi pangkalan hati umat Islam untuk memakmurkan bumi bagi kemaslahatan dan kerahmatan segenap umat manusia dan seluruh alam semesta. Kesalihan sosial adalah kesalihan yang dampak dan buahnya dirasakan secara nyata oleh sesama manusia dan mahluk lainnya.
Dengan demikian, fungsi dari sarana peribadatan / madrasah seharusnya dikembalikan seperti contohnya Rosulullah SAW, bahwa tempat peribadatan bukan hanya tempat ibadah (Masjid) tetapi juga pusat peradaban untuk kemaslahatan dan kemartabatan umat secara menyeluruh, sehingga tercapailah kebahagiaan dunia dan akherat secara seimbang.
Mengingat pentingnya fungsi madrasah (Madin) sebagai tempat penggalian ilmu dan penanaman perilaku baik maka diperlukan alokasi dana yang cukup memadai untuk menjaga eksistensi lembaga tersebut dimasa-masa mendatang.
3. MISI
a. Mengajarkan
bacaan dan isi kandungan Al-qur’an
sesuai dengan kaidah yang benar
b. Menanamkan
nilai-nilai ajaran Al-qur’an
c. Membekali
santri untuk lebih memperdalam ajaran agama Islam pada jenjang pendidikan yang
lebih tinggi dalam hal ini adalah Pendidikan di Madrasah Diniyah.
d. Memberikan
pengetahuan kepadapara santri tentang cara beribadah yang baik dan benar sesuai
dengan syariat Islam.
4. TUJUAN
Secara singkat tujuan utama pendidikan di Madrasah Diniyah adalah memberantas buta huruf Al-Qur’an dan mempersiapkan anak didik kita agar mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar memupuk rasa cinta terhadap Al-Qur’an dan juiga mempersiapkan anak untuk menempuh jenjang pendidikan Madrasah Diniyah.
Secara singkat tujuan utama pendidikan di Madrasah Diniyah adalah memberantas buta huruf Al-Qur’an dan mempersiapkan anak didik kita agar mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar memupuk rasa cinta terhadap Al-Qur’an dan juiga mempersiapkan anak untuk menempuh jenjang pendidikan Madrasah Diniyah.
5. KESIMPULAN
mengingat pentingnya keberadaan Madrasah Diniyah di Masyarakat maka diperlukan sumber dana yang memadai guna terpenuhinya berbagai standar pendidikan di Madrasah Diniyah kami terutama dalam hal dana Operasional Pendidikan yang bersifat bulanan dan juga untuk menjaga eksistensi keberadaan Madin di maksa sekarang dan dimasa yang akan datang.
mengingat pentingnya keberadaan Madrasah Diniyah di Masyarakat maka diperlukan sumber dana yang memadai guna terpenuhinya berbagai standar pendidikan di Madrasah Diniyah kami terutama dalam hal dana Operasional Pendidikan yang bersifat bulanan dan juga untuk menjaga eksistensi keberadaan Madin di maksa sekarang dan dimasa yang akan datang.
Kepala Madin
M.ALI MUSTOFA
M.ALI MUSTOFA
YAYASAN PENDIDIKAN
MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH
“AL-IKHSAN PUDAKSARI”
PURWASARI-WANAREJA-CILACAP
DATA DUKUNG
A.
PROFIL
MADIN AL-IKHSAN PUDAKSARI
1
|
Nama
Madin
|
:
Al-Ikhsan Pudaksari
|
2
|
Nomor
Ijop
|
:
228 TAHUN 2017
|
3
|
NSDT
|
:
311233010091
|
4
|
Alamat
|
:
Pudaksari Rt.05/06
|
Desa
|
:
Purwasari
|
|
Kecamatan
|
:
Wanareja
|
|
Kabupaten
|
:
Cilacap
|
|
Propinsi
|
:
Jawa tengah
|
|
5
|
Tahun
berdiri
|
:
1999
|
6
|
Jumlah
Pengajar
|
:
4 orang
|
7
|
Nomor
Rekening
|
:
Terlampir
|
B.
DATA
PENGAJAR
NO
|
Nama Ustad /
Ustadzah
|
Jenis Kelamin
|
Alamat
|
Jabatan
|
1
|
M.Ali
Mustofa
|
L
|
Mulyadadi
Cipari
|
Kepala
Madin
|
2
|
Bahrudin
|
L
|
Pudaksari
Purwasari
|
Ustad
|
3
|
A.Muhtamim
|
L
|
Pudaksari
Purwasari
|
Ustad
|
4
|
Iffah
Fajriyah,S.Pd.I
|
P
|
Gayamsari
Purwasari
|
Ustadzah
|
C.
REKAPITULASI
DATA SANTRI
TAHUN
|
JUMLAH SANTRI
|
Jumlah
|
|
L
|
P
|
||
2018/2019
|
19
|
21
|
40
|
D. KESIMPULAN
Mengingat pentingnya keberadaan Madin di masyarakat maka diperlukan adanya dana yang cukup untuk membiayai Operasional bulanan serta menjaga eksistensi Madin dimasa mendatang.
Mengingat pentingnya keberadaan Madin di masyarakat maka diperlukan adanya dana yang cukup untuk membiayai Operasional bulanan serta menjaga eksistensi Madin dimasa mendatang.
Kepala Madin
M.ALI
MUSTOFA
YAYASAN PENDIDIKAN
MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH
“AL-IKHSAN PUDAKSARI”
PURWASARI-WANAREJA-CILACAP
ANGGARAN
DANA MADIN
“MADIN
AL-IKHSAN PUDAKSARI”
DUSUN
PUDAKSARI DESA PURWASARI KEC.WANAREJA
NO
|
URAIAN
|
VOLUME
|
JUMLAH
|
1
|
Alat
Tulis Kantor 1 tahun
|
12 x 150.000
|
1.800.000
|
2
|
Pengembangan
Mutu Guru/Ustad
|
2 x 250.000
|
500.000
|
3
|
Akomodasi
Ustadz/Air minum
|
12 x 50.000
|
600.000
|
4
|
Bisaroh
Pengajar
|
4 x 12 x.100.000
|
4.800.000
|
5
|
Listrik
|
12 x25.000
|
300.000
|
6
|
Pengadaan
Komputer
|
1 x 2.000.000
|
2.000.000
|
Jumlah
|
10.000.000
|
Kepala Madin
M.ALI MUSTOFA
No comments:
Post a Comment
Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.