Wednesday, November 23, 2016

Upacara Adat Untuk Memperingati Sesuatu

Kirab Malam 1 Suro: Perayaan Tahun Baru menurut kalender  Jawa. Kirab Malam 1 Suro biasanya diselenggarakan oleh Keraton Kasunanan Surakarta dan Keraton Mangkunegaran. Di Keraton Kasunanan Surakarta, benda-benda pusaka di kirab mengelelilingi benteng keraton pada dini hari. Rombongan peserta kirab diawali oleh Kebo Bule. Sementara itu, di Keraton Mangkunegaran dilakukan pencucian benda-benda pusaka, lalu dikirab mengelilingi Pura Mangkunegaran.
Dugderan :  Tradisi yang dilakukan oleh Masyarakat Semarang untuk menandai dimulainya ibadah puasa pada bulan Ramadhan. Perayaan berpusat di Simpang Lima dan dimeriahkan dengan pasar malam.
Tabuik: Upacara adat yang dilakukan oleh masyarakat Minangkabau untuk memperingati Asyura, gugurnya Imam Hussain, cucu Nabi Muhammad SAW. Upacara iini biasanya digelar pada tanggal 10 Muharram dalam Kalender Islam.
Mandi Belimau : Tradisi mandi air limau yang dilakukan oleh masyarakat Bangka-Belitung dalam rangka menyambut bulan Ramadhan. Mandi air limau di percaya sebagai cara menyucikan diri lahir batin. Perayaan ini diawali dengan ziarah ke makam tokoh masyarakat atau pahlawan.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.