Wednesday, September 9, 2015

PEMBAGIAN ILMU EKONOMI

Semua ilmu pada dasarnya berasal dari satu rumpun, yakni filsafat atau philosophia. Dalam perkembangannya ilmu filsafat ini terbagi atas:
  1. Natural Science : Ilmu fisika, alam, biologi dan pasti
  2. Social science : Ilmu hukum, tata negara, sejarah, ekonomi dll
  3. Humanitarial Science : Ilmu sastra, Antropologi dll.
Sebagai cabang dari ilmu sosial, Ilmu ekonomi dapat  dibedakan menjadi :
  • Ekonomi Lukisan (Descriptive Economics)
    Ilaha ilmu ekonomi yang hanya menggambarkan satu masalah ekonomi suatu negara secara khusus tanpa mengadakan pembahasan
  • Ekonomi teori (Analysa Economics)
    Yaitu ilmu yang bertugas menerangkan hubungan peristiwa-peristiwa ekonomi dan kemudian merumuskan hubungan-hubungan itu dalam suatu hukum ekonomi.
    Ekonomi teori ini dibagi menjadi dua yakni:
    • Ekonomi makro, yaitu peninjauan masalah ekonomi secara menyeluruh. Misalnya inflasi, keuangan negara dll.
    • Ekonomi mikro, peninjauan masalah ekonomi secara khusus dari suatum rumah tangga ekonomi tertentu. Misalnya harga, biaya produksi dll.
  • Ekonomi terapan (Aplied Economics)
    Yaitu ilmu ekonomi yang dipraktekan secara langsung dalam kehidupan sehari-hari. Contoh ilmu ekonomi perusahaan, ekonomi koperasi, ekonomi moneter dll.
  • Sejarah ekonomi (Historical of Economics)
    Ilmu ekonomi yang mempelajari perkmbangan teori-teori ekonomi (struktur kehidupan ekonomi) dari masa ke masa sehingga kita dapat mengetahui perkembangan teori-teori ekonomi sampai dengan ekonomi modern dewasa ini.
  • Ekonomi Normatif
    Yaitu aspek ilmu ekonomi yang membahas pertimbangan etika dan nilai yang dirangkum oleh kebijaksanaan-kebijaksanaan ekonomi untuk mencapai tujuan ideal (tertentu) dari ilmu konomi. Dengan kata lain yaitu ilmu ekonomi yang berusaha mendudukan masalah ekonomi bagaimana mestinya.
  • Ekonomi positif
    Yaitu ilmu ekonomi yang membahas deskripsi mengenai fakta, situasi dan hubungan yang terjadi dalam kehidupan ekonomi yang sebenarnya (ilmu ekonomi yang membahas kejadian perekonomian yang terjadi sebenarnya).

5 comments:

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.