Friday, May 1, 2015

Sikap dan Perilaku Orang yang beriman kepada Al-Qur'an

Orang-orang yang benar-benar memegang teguh ajaran-ajaran Al-Qur'an tentu akan mendapatkan dan merasakan nilai-nilai positif yang bermanfaat bagi kehidupan pribadinya. Nilai-nilai positif tersebut akan melekat dan tertanam kuat dalam jiwanya tercermin dalam sikap dan perilaku kehidupan sehari-hari, antara lain:
  1. Orang beriman senang membaca Al-Qur'an dengan benar dan khusyu'.
  2. Orang beriman senang mendengarkan bacaan yang baik dari Al-Qur'an, bahkan setiap mendengar ayat-ayat yang menyentuh nurani imannya menjadi semakin kuat, kadang-kadang bahkan air mata haru sempat mengalir karena tersentuh berliannya. Bacaan Al-Qur'an sering mendorong tekadnya untuk bisa lebih meningkat lagi dalam menjalani keutamaan pengabdian hidupnya.
  3. Orang beriman senang memperhatikan isi kandungan keutamaan yang terdapat dalam ayat-ayat Al-Qur'an yang mulia itu. Ayat-ayat yang menyentuh nuraninya diperhatikan, dipikirkan dan direnungkan dengan penuh rasa khusyu'. Ketika dia memperoleh kesimpulan petunjuk istimewa dari Allah melalui Al-Qur'an, imannya menjadi semakin mantap, tekadnya semakin kuat dan nuraninya bersinar.
  4. Orang beriman hatinya mantap untuk menjadikan Al-Qur'an sebagai pedoman hidupnya. Hidup duniawi yang penuh misteri ini memberikan keyakinan bahwa yang benar-benar mengerti dengan rahasia kehidupan hanya Allah. Doa yang selalu dipanjatkan adalah "Tunjukanlah kepada kami jalan yang lurus".
  5. Orang beriman tidak pernah meragukan kebenaran ajaran Al-Qur'an, meskipun orang-orang kafir pemuja duniawi membanggakan hasil-hasil temuannya yang nampak menakjubkan itu, umat beriman tidak akan terpengaruh. 

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.