Wednesday, October 29, 2014

Pemerintah Republik Bataaf (1800-1807)


Pergantian Pemerintahan di Indonesia dari tangan VOC kepada Pemerintah Republik Bataaf tidak membawa perubahan yang berarti bagi kehidupan rakyat Indonesia.
Rakyat Indoensia tetap menderita.Selain itu di dalam negeri Belanda juga terjadi pertentangan antara golongan koservatif dan liberal tentang kebijaksanaan yang ditempuh pemerintah Republik Bataaf terhadap Indonesia.Golongan konserfativ menghendaki agar kebijaksanaan yang diambil Pemerintah terhadap Indonesia menggunakan tata cara yang diterapkan VOC, yaitu sistem ekonomi monopoli. Alasannya penduduk tanah jajahan belum maju.
Golongan liberal menghendaki agar kebijaksanaan yang diambil pemerintah terhadap Indonesia ditujukan kepada kebebasan dan kesejahteraan sesuai dengan semboyan revolusi prancis.
Pemerintah Belanda mengambil suatu keputusan, yaitu menjalankan anjuran golongan konservatif dalam mencari keuntungan dan melaksanakan pembaruan seperti yang dianjurkan golongan liberal.
Keputusan membawa pengaruh yang besar terhadap Indonesia. Kebijaksanaan pemerintah Kolonial Belanda di Indonesia antara tahun 1800-1870 dipengaruhi oleh golongan konservatif dan liberal, yaitu dengan menjalankan sistem monopoli dan sistem pajak.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.