Penerapan Model Pembelajaran dalam Pembelajaran Tematik Terpadu
Tema 7 : Merawat Hewan dan Tumbuhan
Subtema 1 : Hewan di Sekitarku.
Dalam kegiatan belajar mengajar dengan tema Merawat Hewan dan Tumbuhan subtema 2 Hewan disekitarku, KD Bahasa Indonesia 3.1 Mengenal teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tertulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman dan KD 4.1 Mengamati dan mencoba menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan dan tumbuhan serta jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian, kemudian
KD SBdB 3.3 Memehami gerak sehari-hari dengan memperhatikan tempo gerak dan 4.9 Menirukan gerak binatang dengan mengamati secara langsung atau dengan media rekaman. Untuk memahami KD tersebut dapat diterapkan model pembelajaran Discovery Learning dipadukan dengan pendekatan Saintifik seperti berikut.
Media :
- Ayam atau burung hidup
- Gambar berbagai jenis binatang yang hidup disekitar anak, misalnya: ayam, itik, kucing, burung, kupu-kupu, ikan, anjing, domba, kambing, kerbau, kelinci.
- Gambar gerakan ayam.
- Teks bacaan "Hewan di Sekitarku" dan "Ayam Lani"
- Teks lagu tentang Ayam
- Video ayam
Langkah-langkah pembelajaran :
Amatilah langkah-langkah operasional pembelajaran berbasis penemuan di bawah ini.
Fase 1 :Pemberian Rangsangan
Fase 2 : Identifikasi Masalah
Fase 3: Pengumpulan Data
Fase 4 : Pengolahan Data
Fase 5 : Pembuktian
Fase 6 : Menarik kesimpulan
Dari fase diatas cara kerjanya adalah terus dari fase 1 sampai ke fase 6 terus dilanjutkan lagi dari fase 1 (Terus menerus) Jika masih di butuhkan.
No comments:
Post a Comment
Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.