Saturday, January 19, 2013

UKURAN TELUR DINOSAURUS


Telur-telur Diosaurus tampak sangat mirip telur burung dan ternyata berukuran kecil. Kebanyakan telur dinosaurus memiliki bentuk dan ukuran seperti kentang besar. Ukuran telur yang kecil ini bebrati bahwa bayi-bayi dinosaurus pada awalnya berukuran kecil serta membutuhkan pemeliharaan dan perlindungan dari kedua induknya.

Ketika sarang-sarang Orodromeus ditemukan, telur-telur dinosaurus lain ditemukan diantara telur-telur Orodromeus. telur-telur dinosaurus ini berukuran lebih kecil dan disusun berjajar. Belum lama ini terungkap bahwa telur-telur ini  ternyata berasal dari predator kecil yang disebut trodoon. Barangkali, Trodoon bertelur disarang-sarang Koloni Orodromeus untuk memperoleh perlindungan dari predator-predator lain. Perilaku ini mirip dengan kebiasaan burung-burung tekukur masa kini.

Oviraptor
Oviraptor adalah dinosaurus aneh yang sepenuhnya hidup dengan memakan telur dinosaurus-dinosaurus lain. Dinosaurus ini berpostur tubuh seperti burung dan memiliki paruh kuat untuk menghancurkan telur, tetapi tidak bergigi.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.