Latest Updates

Unsur-unsur yang Yang Membangun Sebuah Drama

Unsur-unsur yang Yang Membangun Sebuah Drama
  1. Tema
    Tema adalah, gagasan pokok yang mendasari terbentuknya cerita dalam drama. Tema dapat ditemukan seteah teks drama dibaca secara keseluruhan. Tema ada beberapa macam, misalnya kasih-sayang, ketuhanan, persahabatan, dan bencana alam.
  2. Alur
    Alur atau plot adalah rangkaian cerita dari awal hingga akhir yang merupakan jalinan konflik antar tokoh yang berlawanan. Jenis alur ada tiga macam, yaitu alur maju, alur mundur, atau campuran.
    1. Alur maju (progresif) adalah alur yang menceritakan peristiwa atau kejadian secara urut dari awal sampai akhir cerita.
    2. Alur mundur (fash back) adalah alur yang menceritakan peristiwa atau kejadian diawali dari akhir kemudian kembali ke awal cerita.
    3. Alur campuran adalah gabungan alur maju dan alur mundur.
  3. Tokoh dan Penokohan
    Tokoh adalah pelaku dalam cerita drama atau orang yang berperan dalam cerita. Berdasarkan perannya dalam cerita, tokoh dalam drama dibedakan menjadi, berikut ini:
    1. Tokoh prontagonis, adalah tokoh yang mendukung jalan cerita. Tokoh ini biasanya bersifat baik, dan menjadi idola penonton. Akan tetapi tokoh ini dapat pula bersifat jahat. Hal ini disesuikan dengan cerita yang ditampilkan.
    2. Tokoh antagonis, adalah tokoh yang menentang jalan cerita. Tokoh inilah yang menimbulkan konflik.
    3. Tokoh tritagonis, adalah tokoh yang biasanya memiliki sifat bijaksana. Ia berusaha untuk mendamaikan pertentangan antara tokoh protagonis dengan antagonis.
    4. Tokoh figuran, adalah tokoh pembantu atau pelengkap agar drama tampak menarik. Tokoh ini tidak mempunyai kepentingan.
      Adapun yang dimaksud dengan penokohan adalah penggambaran keadaan batin da fisik tokoh. Penokohan menyajikan ciri khas tokoh, seperti berbadan bungkuk, bersuara serak, berambut gimbal, dan sebagainya.
  4. Perwatakan
    Ada tokoh yang bersifat jujur, sabar, rajin, hormat, penyayang, humor dan lucu. Sifat-sifat tokoh dapat diketahui dari uraian kalimat yang terdapat pada teks drama.
  5. Latar
    Latar disebut juga setting. Latar adalah gambaran mengenai tempat, waktu, dan keadaan jalannya cerita. Latar dalam teks drama dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu latar waktu, latar tempat dan latar suasana/budaya.
  6. Amanat
    Amanat adalah pesan atau pelajaran yang dapat diambil dari cerita. Pesan dapat disampaikan melalui percakapan antar tokoh atau perilaku setiap tokoh. Pesan dapat ditemukan secara tersirat ataupun tersurat dalam teks drama

0 Response to " Unsur-unsur yang Yang Membangun Sebuah Drama "

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis