Latest Updates

Pengertian "Paleografi"



Paleografi adalah ilmu yang mempelajari tentang tulisan-tulisan kuno. Ilmu ini mutlak dikuasai oleh para peneliti untuk penelitian tulisan kuno yang terdapat dibatu, logam, tulang dan bahan-bahan lainnya. Paleografi bertujuan menjabarkan tulisan kuno karena beberapa tulisan kuno sangat sulit di baca. Disamping itu, Paleografi juga menempatkan berbagai peninggalan tertulis dalam rangka perkembangan umum tulisannya. 
Tulisan Pra-Nagari yang asalnya dari India Utara dipegunakan untuk menulis prasasti Budha dalam  Bahasa Sansekerta di Jawa Tengah pada abad ke-8, Yaitu prasasti Kalasan. 

Dijawa dikenal tulisan Kuno Kawi atau Jawa Kuno yang merupakan kelanjutan tulisan Palawa, yang diketahui pada pertengahan abad ke-8 pada prasasti Dinoyo di Jawa Timur yang kemudian berkembang lebih lanjut sampai abad ke-13. 
Tulisan kuno di Bali, Madura, Bima, dan Sumbawa mengikuti tulisan Jawa periode Majapahit. Di beberapa tempat di Sumatra, yaitu di daerah Batak, Bengkulu, Kerinci, dan Lampung dipakai tulisan yang diperkirakan berasal dari Melayu dari zaman Raja Adityawarman. Menurut De Casparis, tulisan Makasar dan Bugis Di Sulawesi Selatan dan Tulisan Bima di Sumbawa Timur mungkin juga berasal dari tulisan Sumatera. Disamping itu,  huruf Arab dipakai pula untuk penulisan bahasa Melayu. Oleh karena itu, asksara yang dipergunakan itu dikenal dengan tulisan Arab Melayu. Tulisan Arab untuk menuliskan bahasa Sunda dan Jawa dikenal sebagai tulisan pegon.

0 Response to " Pengertian "Paleografi" "

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis