Latest Updates

Unsur-unsur Intrinsik dalam Prosa



Berikut saya uraikan unsur-unsur intrinsik dalam Prosa, baik cerpen maupun novel.

  1. Tokoh 
    Tokoh adalah individu rekaan yang mengalami peristiwa di dalam cerita. Penokohan adalah penyajian watak tokoh dan penciptaan citra tokoh di dalam cerita. Berkaitan dengan tokoh, dikenal tokoh utama dan tokoh bawahan.
    Tokoh utama adalah tokoh yg senantiasa ada dalam setiap peristiwa. Tokoh ini banyak berhubungan dengan tokoh lain dan paling banyak terlibat dengan tema cerita. Adapun tokoh bawahan adalah tokoh yang menjadi pelengkap dalam cerita.
  2. Latar
    Latar adalah unsur dalam suatu cerita yang menunjukan dimana, bagaimana, dan kapan peristiwa-peristiwa dalam cerita itu berlangsung. Latar ada 3 macam, yaitu latar geografis, latar waktu, dan latar sosial.
  3. Alur 
    Alur adalah unsur dengan wujud jalinan peristiwa yang memperlihatkan kepaduan (koherensi) tertentu. Latar diwujudkan oleh hubungan sebab akibat, tokoh, tema, atau ketiganya.
  4. Sudut pandang
    Sudut pandang dapat diartikan sebagai posisi pengarang terhadap peristiwa-peristiwa di dalam cerita. Ada 4 tipe sudut pandang, yaitu sudut pandang orang pertama sentral, sudut pandang orang pertama sebagai pembantu, sudut pandang orang ketiga serbatahu, dan sudut pandang orang ketiga terbatas.
    Cerita dikategorikan menggunakan sudut pandang orang pertama sentral apabila dalam tokoh sentralnya adalah pengarang yang secara langsung terlibat di dalam cerita. Sudut pandang orang pertama sebagai pembantu adalah sudut pandang yang menampilkan "aku" hanya menjadi pembantu yang mengantarkan tokoh lain yang lebih penting.
  5. Gaya Bahasa
    Gaya bahasa adalah cara mengungkapkan  pikiran atau perasaan melalui bahasa yang unik dan biasanya berbeda-beda tiap penulis.
  6. Tema
    Tema adalah gagasan, ide, atau pikiran utama yang digunakan sebagai dasar dalam menuliskan cerita.
  7. Amanat
    Amanat adalah pesan moral dan nilai kebaikan yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca melalui cerita yang dibuatnya.

0 Response to " Unsur-unsur Intrinsik dalam Prosa "

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis