Pasal-pasal yang sering keluar dalam tes CPNS



Bagi anda para honorer Kategori II, sudah siap apa belum untuk menghadapi Ujian / Tes CPNS Tahun ini? Berikut saya postingkan Pasal-pasal UUD 1945 yang sering keluar dalam soal-soal CPNS. 

  1. Pasal 1 ayat 1 yang berbunyi: Negara Indoensia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik.
  2. Pasal 3 dan Pasal 37 tentang Perubahan UUD atau amandemen.
  3. Pasal 5 ayat 1 : Presiden berhak mengajukan rancangan Undang-undang kepada DPR.
  4. Pasal 6A : Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden dalam satu pasangan dan dipilih secara langsung oleh rakyat.
  5. Pasal 7A : MPR dapat memberhentikan Presiden karena penghianatan Negara, korupsi, penyuapan, tindak pidana berat, perbuatan tercela, atau terbukti tidak lagi memenuhi syarat sebagai Presiden.
  6. Pasal 8 ayat 2 : bahwa jika terjadi kekosongan wakil presiden, maka Presiden mengusulkan dua calon kepada MPR, yang akan ditetapkan dalam sidang MPR, dalam waktu 60 hari.
  7. Pasal 11 ayat 2 : Presiden membuat perjanjian internasional yang memberikan dampak luas bagi rakyat dengan terkait keuangan negara, maka harus memenuhi persetujuan DPR.
  8. Pasal 17 ayat 4 : Pembentukan, pengubahan dan pembubaran kementerian negara diatur dalam undang-undang.
  9. Pasal 14 ayat 1 : Presiden memberikan grasi dan rehabilitasi dengan memperhatikan pertimbangan Mahkamah Agung.
  10. Pasal 13 : Pemberian gelar, tanda jasa dan kehormatan oleh Presiden, diatur dengan undang-undang.
  11. Pasal 20 A ayat 2: Hak-hak DPR seperti : hak interpelasi, hak menyatakan pendapat, dan hak angket.
  12. Pasal 20 A ayat 1: Fungsi DPR adalah fungsi legislasi, fungsi anggaran, dan fungsi pengawasan.
  13. Pasal 22 E ayat 1: Pemilu di Indonesia dilaksanakan dengan LUBER  JURDIL (Langsung Umum Bebas Rahasia Jujur dan Adil).
  14. Pasal 23 : tentang Hal keuangan 
  15. Pasal 24 : Tentang Kuekuasaan Kehakiman.
  16. Pasal 32 : Negara menghormati dan memelihara bahasa daerah sebagai kekayaan budaya nasional.
  17. Pasal 34: Fasilitas pelayanan kesehatan dan fasilitas umum yang llayak harus disediakan oleh negara.
Itulah beberapa pasal yang keluar dalam soal-soal tes CPNS dari tahun ke tahun. Ingin Lebih jelasnya bisa di download disini.

1 comment:

  1. (Srimuliani Handoyokusumo; Lolos PNS Guru di lingkungan Kemenag Berau)

    Berawal dari keinginan kuat untuk mengikuti test tertulis CPNS yang dilaksanakan oleh PEMDA Berau dimana saya tinggal, saya pun ikut berpartisipasi mengkutinya. Namun sebenarnya bukan sekedar hanya berpartisipasi tapi terlebih saya memang berkeinginan untuk menjadi seorang PNS. Waktu pun terus berjalan, karena tertanggal 5 Desember 2013 yang lalu saya pun mengikuti Test CPNS yang diselenggarakan oleh PEMDA Berau dengan harapan yang maksimal yaitu menjadi seorang PNS. Kini tanggal 18 Desember 2013, pengumuman test kelulusan tertulis itu diumumkan. Dengan sedikit rasa was-was dan bercampur tidak karuan menyelimuti pikiranku. Rasa pesimisku memang timbul, karena pengumuman yang di informasikan adalah tertanggal 11 Desember 2013 namun di undur tanggal 18 Desember 2013. Dengan mengucapkan BISMILLAH, aku pun masuk ke halaman kantor BKD untuk melihat hasil pengumuman test tertulis CPNS. Dan Syukur Alhamdulillah saya pun LULUS diurutan ke 3 dari 1 formasi yang aku ikuti di Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Dan berikut peringkat screen shoot yang saya jepret menggunakan Ponsel kesayangku.

    Puji Syukur tak henti-hentinya aku panjatkan ke Hadirat Allah SWT, atas rezeki yang diberikan kepadaku. Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada :

    1. ALLAH SWT; karena KepadaNya kita mengemis dan memohon.

    2. Suami dan Anak [DikMa]; Dukungan Do’anya sangat berharga dalam pencapaian saat ini.

    3. Orang Tua, Saudara-saudaraku; Tetap mensupport aku selama 3 bulan terakhir ini, terimakasih Mama, terima kasih Kakak Perempuan ku, terima kasih Kakak Laki-laki ku tak terlepas juga buat teman-temanku terimakasih semuanya.

    4. Terimakasih untuk khususnya Bpk.IR.AGUS SUTIADI M.SI beliau selaku petinggi BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.anda ingin LULUS seperti saya silahkan anda hubungi nomor bpk IR.AGUS SUTIADI M.SI,0852-3687-2555.

    ReplyDelete