Materi Tes CPNS Tes Kompetensi Bidang (TKB) Pendidikan



Bagi anda Para Honorer Kategori 2, harap mempelajari materi ini, karena Materi ini adalah salah satu materi yang akan di ujikan dalam seleksi Masuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) terutama untuk Formasi Guru. Berikut Materinya dan harap di pelajari dengan sungguh-sungguh:
  1. Karakteriistik perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek fisik antara lain : mulai kehilangan gigi bayi, namun tumbuh gigi baru, memiliki dorongan dan energi secara eksposif, mengulang kembali ketrampilan-ketrampilan secara tuntas, dan menyenangi olahraga secara kelompok. Jadi memiliki kemampuan dalam mengangkat beban yang berat, bukan merupakan karakteristik perkembangan aspek fisik anak usia SD/MI.
  2. Kreatifitas merupakan salah satu karakteristik perkembangan aspek intelektual SD. Menurut Hurlock, kretaivitas adalah kemampuan untuk berpikir tentang sesuatu dengan suatu cara yang baru dan tidak biasa serta menghasilkan penyelesaian yang unik terhadap berbagai persoalan.
  3. Karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI di tinjau dari aspek sosial antara lain: mulai dapat bekerja sama dengan kelompok , memiliki keasyikan sendiri, dapat beradu argumentasi, dan menyukai teman sebaya sesama jenis. 
  4. Menurut Hurlock, karakteristik perkembangan emosional anak usia SD antara lain ; kesulitan memulai sesuatu tetapi jika berhasil akan bertahan sampai akhir, menampakan marah apabila mengalami kesulitan di sekolah, memiliki rasa humor yang di ekspresikan dalam lelucon praktis, dan memiliki rasa sensitif dan mudah tersinggung dalam intensitas yang ringan. 
  5. Menurut Hurlock, perkembangan moral anak terdiri atas dua fase, yakni fase pertama, perkembangan perilaku moral dan fase kedua, perkembangan konsep moral. Metode-metode yang digunakan agar anak mengalami fase perkembangan perilaku moral terdiri dari coba-alat (trial and error) pendidikan langsung dan identifikasi.
  6. Hurlock menyatakan bahwa karakteristik perkembangan aspek sosial anak usia SD, antara lain: anak berminat dalam kegiatan dengan teman sebaya, ingin menjadi bagian dari kelompok yang mengharapkan untuk dapat menyesuaikan diri dengan nilai dan perilaku, serta minat para anggota kelompok. 
  7. Menurut Hurlock, minat anak usia SD/MI terdiri atas minat terhadap tubuh, minat terhadap kesehatan tubuh, minat terhadap sekolah, minat terhadap status dan simbol, minat terhadap penampilan, minat terhadap masalah sosial, dsb. dalam pembelajaran PKn merupakan salah satu cara guru untuk mengidentifikasi  minat siswa terhadap masalah sosial.
  8. Kompetensi awal adalah penguasaan kemampuan prasarat yang harus dimiliki siswa sebelum mempelajari materi/topik/kompetensi tertentu. Jika hal tersebut tidak dilakukan akan mengahmat penguasaan materi / topik/ kompetensi yang dipelajari.
  9. Kompetensi prasyarat adalah kemampuan awal yang harus di miliki siswa sebelum mempelajari materi/topik tertentu. Jika hal itu tidak dilakuakan akan menghambat penguasaan materi yang /topik/kompetensi yang dipelajari.
  10. Kesulitan belajar dalam Matematika disebut juga diskalkulia (dyscalculis). Menurut Leaner dalam Mulyono, karakteristik kesulitan belajar Matematika meliputi 1). Gangguan dalam hubungan keruangan, 2).abnomalitas persepsi visual, 3).asosiasi visual-motor, 4).perseverasi, 5).kesulitan mengenal dan memahami simbol, 6).gangguan penghayatan tubuh, 7).kesulitan dalam bahasa dan membaca, dan 8).performence IQ lebih rendah dari pada skor Verbal IQ.
Itulah sedikit materi CPNS Honorer K2 tentang Kompetesni Bidang Keguruan, semoga bermanfaat. Jika ingin soal lebih detilnya bisa di download disini.

0 komentar:

Post a Comment