Membasmi Hama Tikus

Seperti kita ketahui saat ini hama tikus sedang meraja lela, khusunya di areal persawahan. Hampir 50 % areal persawahan para petani ini terserang hama tikus. Entah dari mana mereka asalnya. Para petani pun merasa kelulitan untuk mengatasinya, dari mulai musim menyemai padi sampai mau panen tikus ini masih meraja lela menggerogoti tanaman para petani ini. Disini ada beberapa tips bagi para petani yang mungkin bisa anda terapkan oleh anda, sehingga bisa mengurangi hama tikus di sawah anda: 

  1. Berilah racun tikus (contoh temik) yang dicampur dengan padi kering yang kemudian ditaruh diatas galengan atau tanah, hal ini tikus akan mengira bahwa padi itu berasal dari tanaman yang ada disekitar sawah, karena tikus suka makan padi.
  2. Jika ada potongan singkong taruhlah di sawah anda, hal ini akan mengakibatkan tikus merasa kenyang, sehingga akan mengurani kerusakan pada tanaman padi anda.
  3. Dengan menaruh potongan kulit duren, karena tikus tidak suka dengan bau yang sangat wangi. Sehingga tikus akan menjauh dari tempat yang berbau duren tersebut.
  4. Dengan Jerami Padi. cara ini yang paling dianjurkan. Cara dan bahan dari trik ini sanggat mudah dan gampang. Kita tinggal memendamkan jerami-jerami sisa panen ke dalam sawah lagi. Jerami yang dipendam di dalam tanah akan membusuk. Selain sebagai penyubur tanaman, jerami-jerami tersebut juga sebagai tempat bakteri E.Coli berkembang, bakteri ini akan tinggal di dalam tanah dimana tanah sebagai tempat tinggal tikus. Jika tikus terkontaminasi oleh bakteri ini, maka tikus akan diare dan kelamaan akan mati. Tetapi E.Coli dalam tanah tidak akan merusak produksi, tetapi akan mempersubut tanah. 
  5. Dengan cara keroyokan, yakni kerja bakti membasmi tikus bersama warga. 
Itulah beberapa cara membasmi hama tikus versi dewanku02.blogspot.com, mudah-mudahan bermanfaat. 

0 komentar:

Post a Comment