Fungsi Sastra

Karya sastra yang hadir di tengah kehidupan kita mempunyai beberapa fungsi yaitu:
  1. Fungsi rekreatif, yaitu karya sastra dapat memberikan hiburan yang menyenangkan bagi pembaca atau penikmatnya. Ketika kita jenuh dengan segala kesibukan yang kita lakukan setiap hari. Ketika hati dan pikiran kita sedang sedih menghadapi masalah tertentu, maka dengan membaca maupun mendengarkan pembaca karya sastra dapatlah menghilangkan beban pikiran yang kita tanggung. Kita merasa terhibur dan mendapat penyegaran.
  2. Fungsi didaktif, yaitu karya sastra mampu mengarahkan pembaca untuk bertindak sesuai dengann nilai-nilai kebenaran dan kebaikan. Setiap karya sastra yang tercipta secara langsung maupun tidak langsung memberi hikmah yang dapat kita terapkan dalam kehidupan.
  3. Fungsi estetis, yaitu karya sastra mampu memberikan keindahan bagi pembacanya. Karya sastra diciptakan dengan mempertimbangkan sifat keindahannya. Melalui bentuk yang indah inilah karya sastra dapat hadir dan diterima oleh banyak orang.
  4. Fungsi moralitas,yaitu karya sastra mampu memberikan pengetahuan tentang moral yang baik dan buruk. Melalui karya sastra pembaca dapat mengetahui moral yang patut dicontoh karena baik dan tidak perlu dicontoh karena buruk.
  5. Fungsi religius, yaitu karya sastra juga memperhatikan ajaran-ajaran agama yang dapat diteladani oleh para pembacanya. Terkadang ajaran itu tidak dapat diterima secara langsung oleh seseorang lewat khotbah. Akan tetapi, melalui karya sastra yang dikemas dalam bentuk cerita, maka ajaran itu dapat tersampaikan dan diterima dengan senang hati tanpa merasa ada paksaan.

0 komentar:

Post a Comment