Cara Membuat Siomay

Proses Pembuatan Siomay
Jenis makanan siomay, salah satu jenis masakan Cina. Merupakan produk atau hasil olah langsung dari ampas tahu. Artinya, ampas tahu dapat juga dibuat siomay, disamping tempe gembus, kerupuk, keripik, kecap, dan tauco.

  1. Alat Yang Digunakan
    1. baskom
    2. botol atau gilingan kayu
    3. pisau
    4. coet dan muntu (ulekan)
    5. dandang
    6. kompor
    7. plastik
    8. panci tahan karat bukan panci alumunium.
  2. Bahan yang diperlukan :
    1. ampas tahu segar 10 kg
    2. tepung terigu 10 kg
    3. tepung tapioka 10 kg
    4. ikan atau udang 5 kg
    5. telur 10 butir
    6. garam dapur 2 kg
    7. bawang daun 25 batang
    8. bawang putih 20 siung
    9. merica, 1/2 kg.
  3. Cara membuatnya:
    1. Pembuatan Isi Siomay
      1. Peraslah ampas tahu, kemudian kukuslah selama 30 menit.
      2. Angkat dan dinginkan ampas tahu tersebut. Sementara itu, ikan atau udang disiangi dan dibuang bagian-bagian yg tidak diperlukan.  Yang diperlukan adalah dagingnya saja, kemudian ditumbuk sampai halus.
      3. Ampas tahu yg telah dingin dicampur dengan tapioka, daging ikan, dan bumbu-bumbu. Bawang daun diiris kecil-kecil. Merica, bawang putih, dan garam (secukupnya) digiling sampai halus.
        Campurkan bahan-bahan tersebut dan aduklah dengan tangan hingga terbentuk adonan yang kompak dan merata. Kemudian, buatlah bentuk menurut selera (bulat atau lonjong) sebesar bola pingpong.
    2. Pembuatan Kulit Siomay
      1. Kocoklah telur sampai agak mengembang. Masukan terigu ke dalam telur tersebut da aduklah sampai rata. Tambahkan air dan garam secukupnya. Buatlah adonan hingga agak kenyal dan dapat dibentuk.
      2. Siapkan talenan dan alat penggilas. Botol sirup dpt digunakan sebagai penggilas. Taburilah alat penggilas dengan tepung agar tidak lengket.
        Bentuklah adonan (bulat atau lonjong) dan hamparkan diatas talenan untuk selanjutnya digiling atau digilas dengan botol sehingga didapat lembaran yg tipis dan rata. Potong-potonglah tersebut dalam bentuk bulat atau persegi.
      3. Bungkuslah isi siomay dengan kulit yg baru dibuat tersebut.
      4. Kukuslah pada dandang yg sudah dialasi dengan daun pisang. Sementara itu siapkan saus, kecap, dan sambal kacang. Siomay siap dihidangkan dalam keadaan masih panas.
        Selamat mencoba di rumah!

0 komentar:

Post a Comment