Latest Updates

Pengendalian Hama Pada Tanaman Coklat

Akhir-akhir ini disekira kita banyak orang menanam Cokelat, terutama di pekarang-pekarangan rumah, yang tidak luput dari hama Tanaman Cokelat. Hama Tanaman Cokelat adalah binatang yang menganggu dan merusak tanaman sehingga dapat menurunkan       produksi tanaman.
Berikut beberapa jenis hama tanaman  coklat



  1. Penggerak cabang
    Hama ini menggerk cabang-cabang tanaman yang bergaris tengah 3-5 cm. Lihat penggerek menyerang cabang tanaman sehingga cabang bagian atas mati atau mudah patah.
    Serangan hama ini ditandai dengan adanya kotoran berwarna merah sawo matang yang dikeluarkan melalui liang gerak. Cara memberantasnya adalah sebagai berikut :
    1. Memotong cabang yang terserang dan dibelah, kemudian ulat  yang terdapat di dalamnya dimatikan.
    2. Menyumbat liang-liang gerak dengan kapas yang telah di celupkan insektisida.
  2. Keping Penghisap Buah Coklat
    Hama ini menghisap buah yang masih muda, daun muda, dan kuncup bunga sehingga meningkatkan bercak-bercak berwarna coklat kehitaman. Serangan berat pada pucuk daun dapat menyebabkan kematian pucuk. Cara pemberantasannya dengan menggunakan Insektisida Launate 25 WP, Sumithion 50 cc.
  3. Penggerek Buah Coklat
    Hama ini sejenis Larva yang menggerek buah coklat sehingga buah menjadi busuk. Cara Pemberantasannya adalah dengan rampasan buah sehingga ngengat itu hanya terbang di sekitar tanaman coklat tanpa menemukan tempat untuk bertelur.
  4. Ulat Kantong
    Ulat ini memakan daun sehingga tanaman cokelat menjadi gundul. Ulat ini juga memakan kulit kayu dan cabang muda atau tua. Cara pemberantasannya adalah dengan pengendalian Insektisida yang bersifat racun perut.
    5. Kutu Jengkal
    Hama ini memakan dau cokelat baik yang muda maupun yang tua dengan rakus. Cara pemberantasannya adalah dengan menggunakan Insektisida Ambush 2EC.

1 Response to " Pengendalian Hama Pada Tanaman Coklat "

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis