MANUSIA ZAMAN BATU



Manusia zaman batu (disebut manusia Neanderthal) hidup di Eropa pada sekitar 100.000 hingga 35.000 tahun silam. Mereka tinggal di gua, membuat api, dan berburu binatang dengan berbagai perkakas batu dan tombak kayu.
Para ahli sejarah menamakan periode prasejarah ini  Zaman Batu, karena batu menjadi bahan terpenting yang digunakan oleh para pembuat perkakas pertama ini. Teknik-teknik pengolahan batu ketika itu telah memperlihatkan keahlian yang mengesankan. Mereka mengolah batu dengan menetak kecil-kecil atau meretakannya sedemikian rupa untuk membuat perkakas dengan bentuk tertentu, seperti kapak tangan dan pisau. Kapak tangan dan batu penetak umumnya dibuat dari batu api, sedangkan ujung tombak dari kayu atau tanduk rusa.
Para pemburu di Zaman Batu membunuh rusa dan binatang lainnya dengan tombak, busur, dan batu, seringkali dengan cara penyergapan saat binatang-binatang itu sedang bergerak. Meski para pemburu ini tidak secepat binatang buruan, tetapi mereka dapat menaklukannya dengan mengandalkan kerja sama dan keakuratan senjata.

0 komentar:

Post a Comment